RISET PASAR TEH BIT CELUP “BIETEN THEE”

Authors

  • Bagas Dwi Septian Universitas Kristen Satya Wacana
  • Maria Universitas Kristen Satya Wacana
  • Maria Marina Herawati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yoga Aji Handoko Universitas Kristen Satya Wacana
  • Bayu Nuswantara Universitas Kristen Satya Wacana
  • istok Hasiholan Simanjuntak Universitas Kristen Satya Wacana
  • Alfred Jansen Sutrisno Universitas Kristen Satya Wacana
  • Liska Simamora Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yuliawati Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32585/jase.v4i2.5413

Abstract

Produk teh bit “Bieten Thee” dibuat untuk membantu menaikkan nilai tambah dari komoditas bit yang kurang diserap pasar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan riset pasar produk baru yaitu minuman teh dari bit “Bieten Thee” dengan mengetahui karakteristik dan perilaku konsumen terhadap atribut produk yang diberikan apakah dapat diterima serta memuaskan konsumen. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner yang diisi oleh 30 calon konsumen bieten thee dengan syarat sudah mencoba dan tertarik untuk membeli produk kedepannya. Metode analisis yang digunakan yaitu IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil pengukuran karakteristik konsumen dari data menunjukkan minat terbesar berasal dari rentan usia 20-30 yang memiliki keterbukaan besar terhadap inovasi baru dan mulai sadar tentang kesehatan tubuh. Mayoritas calon konsumen berjenis kelamin laki-laki (60%), dimana mayoritas-nya memiliki latar belakang pendidikan layak yang tergolong SMA ke atas. Penghasilan dari calon konsumen bieten thee mayoritas berada pada Rp.1.000.000-Rp.2.500.000 dimana pada tingkat pendapatan ini konsumen akan cenderung lebih selektif terhadap pembelian produk yang dibutuhkan. Perilaku dari konsumen terhadap atribut produk terlihat dari hasil olah data dari metode IPA pada kuadran I (manfaat produk membuat konsumen tertarik dan rasa produk dapat diterima dan dinikmati) dan III (aroma produk mernarik, aroma dapat diterima, rasa produk memuaskan, dan harga produk terjangkau) perlu diperbaiki dan kuadran II (warna produk menarik, warna dapat menjadi ciri khas, manfaat dari produk menjadi kelebihan, model kemasan mendukung keawetan produk, dan tampilan kemasan menarik) dan IV (harga produk sesuai dengan kelebihan yang ditawarkan) perlu dipertahankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Dwi Septian, B., Maria, Herawati, M. M., Handoko, Y. A., Nuswantara, B., Simanjuntak, istok H., Sutrisno, A. J., Simamora, L., & Yuliawati. (2024). RISET PASAR TEH BIT CELUP “BIETEN THEE”. Journal of Agribusiness, Social and Economic, 4(2). https://doi.org/10.32585/jase.v4i2.5413

Issue

Section

Articles