Pengaruh Layanan Agen Pegadaian dan Digital Service terhadap Kinerja PT Pegadaian Cabang Kupang

Authors

  • Rambu Jenika Puteri Cendana Universitas Nusa Cendana
  • Reyner F. Makatita Universitas Nusa Cendana
  • Maria Indriyani Hewe Tiwu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbfe.v5i2.5714

Keywords:

Pawnshop Agent, Digital Service, Performance

Abstract

This research aims to determine the influence of pawnshop agent services and digital services on the performance of PT Pegadaian Kupang Branch. The type of research used is quantitative research using primary data. The sampling technique used in this research was saturated sampling. So in this study the sample used was the entire population, namely pawnshop agents. The data analysis techniques used in this research include instrument testing, multiple linear regression model estimation, classical assumption testing and hypothesis testing using eviews12 software. The results of this research show that the pawnshop agent variable has an influence on the performance of PT Pegadaian Kupang Branch, the digital service variable has an influence on the performance of PT Pegadaian Kupang Branch. So simultaneously the pawnshop agent and digital services variables influence the performance of PT Pegadaian Kupang Branch.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Bank Indonesia. (2020). Buletin ekonomi moneter dan perbankan (Vol. 17).

Fachrurazi, C., Azanda, H., Chadidja, R., Muhamad, F., Junianto, P., Suksesty, E. C., Suparman, A., Susilawati, R., & Sonani, N. (2024). Perilaku konsumen (P. Cahyono, Ed.; Cet. Pe). Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.

Hasbiah, S. (2014). Revitalisasi pasar tradisional: Meningkatkan daya saing pasar tradisional (S. Hasbiah, Ed.; Cet. 1). Hasbiah.

Santoso, B., Sikumbang, & Risman. (2015). Keagena agency: Prinsip-prinsip dasar, teori dan problematika hukum keagenan (Cet. Pe). Ghalia Indonesia.

Sugiarto, A. (2022). Mengenal ekonomi digital (Cet. Pe). Buku Kompas.

Yuliyanti, P., & Pramesti, A. D. (2021a). Tercapainya inklusi keuangan mampukah dengan literasi keuangan dan financial technology. Kajian Bisnis STIE, 29, 62.

Jurnal

Assyifa, I. (2018). Analisis biaya transaksi pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kopi Roastery (Studi pada UMKM Kopi Roastery di Kota Malang). Jurnal Ilmiah, 6(3), 148–163.

Azhari, T. F., Kerihi, A. S. Y., & Kiak, N. T. (2022). Pengaruh penerapan pengendalian internal dan good corporate governance terhadap pencegahan fraud pada perbankan di Kota Kupang. Jurnal Akuntansi, 10(1), 34–42. https://doi.org/10.26460/ja.v11i1.2990

Hidayat, R., & Issa Dyah Utami. (2011). Pengukuran kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard. Performa, 10(2), 71–82.

Isu, P. D., Muga, M., Pau, S. P. N., & Ballo, F. W. (2022). Pengaruh pengetahuan investasi, tingkat financial literacy dan faktor umur terhadap keputusan investasi emas pada Pegadaian SoE. Behavioral Accounting Journal, 5(2), 143–157. https://doi.org/10.33005/baj.v5i2.211

Mendes, A. M., Ballo, W. F., & Tiwu, H. H. M. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan financial technology terhadap UMKM di Kabupaten Malaka Kota Betun. Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 2, 48. https://doi.org/10.61132/jepi.v2i2.516

Metkono, D. M., Ballo, F. W., Tungga, C. A., Adisucipto Penfui, J., & Tenggara Timur, N. (2024). Preferensi konsumen terhadap layanan m-banking (Studi kasus pada Bank NTT). Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 3(1). https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i1.1725

Muarofah, A. F. (2015). Analisis komparasi biaya transaksi pada lembaga keuangan mikro model Grameen Bank dan model koperasi kredit (Studi pada PT A dan koperasi kredit B di Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah, 10(2), 1–94.

Puritasari, M. (2022). Rancangan pengukuran kinerja dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga harian lepas (THL) di Pasar Atas Baru Kota Cimahi. Rancangan Kinerja.

Putri, A. D. R. (2023). Analisis kinerja agen dalam upaya peningkatan keunggulan bersaing pada PT Pegadaian Area Lampung.

Tilis, R. R., Amtiran, P. Y., & Ratu, M. (2019). Implication of financial information services system (SLIK): Case study on BPR Christa Jaya Perdana Kupang. 69(Teams 2018), 231–234. https://doi.org/10.2991/teams-18.2019.40

Yuliyanti, P., & Pramesti, D. A. (2021b). Tercapainya inklusi keuangan mampukah dengan literasi keuangan dan financial technology. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 29(2), 57–70. https://doi.org/10.32477/jkb.v29i2.292

Internet

Pegadaian. (2019). Digitalisme laporan tahunan 2019. http://digitalis.nwp.org/site-blog/striving-pedagogy-empowerment-taking-leap-faith/6299

PT Pegadaian. (2020). Laporan tahunan 2020.

PT Pegadaian. (2021). Laporan tahunan 2021.

Published

2024-08-22

How to Cite

Rambu Jenika Puteri Cendana, Reyner F. Makatita, & Maria Indriyani Hewe Tiwu. (2024). Pengaruh Layanan Agen Pegadaian dan Digital Service terhadap Kinerja PT Pegadaian Cabang Kupang. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 5(2), 144–155. https://doi.org/10.32585/jbfe.v5i2.5714