Validasi instrumen penuntun praktikum mata kuliah anatomi dan fisiologi tubuh manusia terintegrasi islam
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1334Abstract
Tujuan dari validasi penuntun praktikum terintegrasi islam ini untuk mengetahui kevalidan penuntun praktikum yang dikembangkan sehingga layak untuk digunakan. Desain yang digunakan adalah R&D (Penelitian dan pengembangan) menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implentasi, dan evaluasi) tetapi hanya dibatasi sampai tahap implementasi. Kegiatan ini dilaksanakan di kampus Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya dan uji validitas dilaksanakan pada mahasiswa tadris Biologi semester V yang sedang menempuh perkuliahan Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia. Berdasarkan validasi yang dinilai oleh validator yang ahli dalam bidangnya masing-masing didapatkan hasil validasi materi 84% kriteria “sangat baik”, validasi desain 80% kriteria “sangat baik”, dan validasi nilai-nilai keislaman 85% kriteria “sangat baik”. Sehingga dapat diambil kesimpulan penuntun praktikum anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai pedoman praktikum
Downloads
References
Afrahamiryano, & Ariani, D. (2017). Analisis Validitas Buku Ajar Untuk Sistem Perkuliahan E-Learning Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Di Fkip Ummy Solok. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 104. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.55
Arianti, W., Qaddafi, M., & Zulkarnaim. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 53–72.
Azwar, S. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harlis, Retni, & Budiarti. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi. Jurnal BIODIK Volume, 3(2), 102–112.
Hidayati, N. (2018). Pengembangan Petunjuk Instruksional Kegiatan Praktikum Materi Sistem Gerak dan Sistem Koordinasi pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 22(2), 119–122. https://doi.org/10.33503/paradigma.v22i2.492
Kurniawati, I. (2012). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta.: Pusat teknologi informasi dan komunikasi pendidikan kemdikbud.
Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.89
Lauren, I., Harahap, F., & Gultom, T. (2016). Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 206–212. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i1.4322
Nainggolana, B., Hutabarata, W., & Gultom, L. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Karakter Pada Materi Koloid. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 1(2), 50. https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.14760
Nugroho, A. A., & Subiyantoro, S. (2017). Pengembangan Modul Sistematika Tumbuhan Tinggi Berbasis Guided Discovery untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/20696
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Putri, S. T., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2019). Pengembangan Buku Praktikum Sistem Pernapasan Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry ( ADI ). Jurnal Bioterdidik, 7(1), 62–71.
Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Setyawan, S. A., Savira, S., Sabrina, T. I., Khairunnisa, F., Suryanda, A., Rini, D. S., & Ristanto, R. H. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Ekosistem Dan Interaksi Dalam Ekosistem. Journal of Biology Learning, 2(2), 58. https://doi.org/10.32585/jbl.v2i2.775
Sunarti. (2018). PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI DILENGKAPI WORD SQUARE BERINTEGRASI SAINS DAN ISLAM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MA ISLAMIYAH ATTANWIR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Syamsu, F. D. (2018). Pengembangan penuntun praktikum ipa berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa smp siswa kelas vii semester genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 13–27. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190
Trisna, S., & Rahmi, A. (2016). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21009/1.02102
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.