Penerapan model problem based learning secara daring terhadap keaktifan dan prestasi belajar biologi peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1335Keywords:
Keaktifan, Model PBL, Prestasi Belajar, Sistem Peredaran DarahAbstract
Pandemi covid-19 berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Pembelajaran dilakukan secara daring dan menuntut guru untuk lebih kreaktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam penerapan model PBL secara daring pada materi sistem peredaran darah. Metode dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan desain penelitian One Group pretest-posttes. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal dan lembar observasi keaktifan peserta didik. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB MTs Islamiyah Palangkaraya. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan metode observasi keaktifan dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian ini menunjukan bawah keaktifan peserta didik dalam pembelajaran daring sangat aktif dengan rata-rata peresentase 84,52%. Hasil prestasi belajar menujukkan nilai N-gain 0,71 terkategori tinggi. Hasil ini menujukkan penerapan model PBL secara daring dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik.
Downloads
References
A.M, S. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar-ed.1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmadi, A., & Widodo, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka cipta.
Aprilia, L., Lestariningsih, N., & Ayatusa’adah. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Interaksi Makhluk Hidup pada Siswa MTs Darul Amin Palangka Raya Lidia. Journal of Biology Learning, 2(2), 112–120.
Ariyanti, P., Martini, K. S., & E.S, W. A. (2015). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA N 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(3), 1–9.
Asiyah, Walid, A., & Topano, A. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiry dengan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT) dalam Mata Pelajaran (IPA) Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu. Journal of Biologi Learning, 2(2), 78–85.
Aslach, Z., Jupriyanto, & Sari, Y. (2020). Pengaruh Kreativitas Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Kalisari 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.30-43
Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/.v1i1.251
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur Indah. (2017). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI POKOK SUMBER ENERGI GERAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS I.A SD NEGERI 9 KABANGKA TAHUN AJARAN 2014/2015. Gema Pendidikan, 24(1).
Sari, R. J., & Utomo, A. P. (2019). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMPN 1 MAYANG KELAS IX. ScienceEdu Vol., II(1), 80–85.
Sholihah, I. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.