Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Interaksi Makhluk Hidup pada Siswa MTs Darul Amin Palangka Raya

Authors

  • Lidia Aprilia IAIN Palangka Raya
  • Nanik Lestariningsih IAIN palangka Raya
  • Ayatusa'adah Ayatusa'adah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v2i2.1255

Keywords:

development, guided inquiry, practicum guide

Abstract

The aim of this research was to develop a practical guide based on guided inquiry on the interaction material of living things. This type of research was Research and Development with the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluation). Practicum guides were validated by 2 media experts and 2 material experts. The research was carried out until a small scale test with the research subjects were 5 grade students of MTs Darul Amin Palangkaraya. The results of the study were a practical guide with 3 topics whose activities were designed according to the guided inquiry learning model. The practicum guide developed was declared feasible by material and media experts with a very valid category. Based on small-scale trials, the practicality value was produced with a percentage of 83.00% which was categorized as very good. These results showed that the practicum guide was declared valid and practical after a small-scale trial was carried out. The practicum guide still needs to be refined for further trials on a large scale

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, K. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Generatif Dalam Mata Pelajaran Perawatan Perbaikan Mekanik Otomotif (Ppmo) Teknologi Sepeda Motor. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 13(1).

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Cipta Mini Jaya Abadi.

Budiarti, W. & Anak Agung, O. (2014). Pengembangan Petunjuk praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bioedukasi, 6(2):123-130.

Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Natalina, M., Mahadi, I., & Suzane, A. C. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA-5 SMA Negeri 5 Pekan Baru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Nengsi, S. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh. Jurnal IPTEKS Terapan, 10(1), 47-55.

Prasetyowati, T. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sistem Ekskresi Melalui Inkuiri Terbimbing Pada Siswa SMP Negeri 1 Kemalang. Journal of Biology Learning, 2(2), 67-77.

Rahayu, C., & Festiyed, F. (2018). Validitas perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1-6.

Ridwan. 2013. Cara Mudah Belajar SPSS 17 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rizal, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165.

Rustaman Nuryani Y, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIF Malang.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) Bandung: Alfabeta.

Sukoco Teo, Rumiyati, Sururi Adip Ma’rifu. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten: Intan Pariwara.

Syamsu, F. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Peserta didik SMP Peserta didik Kelas VII Semester Genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Trisnawati, E. 2011. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Materi Struktur Sel dan Jaringan Berbasis Empat Pilar Pendidikan. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wulanningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 33-43.

Published

2020-09-30

How to Cite

Aprilia, L., Lestariningsih, N., & Ayatusa'adah, A. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Interaksi Makhluk Hidup pada Siswa MTs Darul Amin Palangka Raya. Journal of Biology Learning, 2(2), 112–120. https://doi.org/10.32585/jbl.v2i2.1255