Perbandingan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Snowball Throwing Dan Konvensional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu

Authors

  • Abdul Aziz Bin Mustamin Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu
  • Ahmad Walid Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu
  • Adrian Topano Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu
  • Asiyah Asiyah Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i2.506

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode snowball throwing dan konvensional siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan quasi eksperimental yang mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih atau mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode snowball throwingdan metode konvensional siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis untuk uji-t diperoleh nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,00 lebih kecil dari 0,05 (sig < 0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode snowball throwingdan metode konvensional siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Metode Konvensioanl, Hasil Belajar, IPA

Author Biographies

Abdul Aziz Bin Mustamin, Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Akademika Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Ahmad Walid, Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Akademika Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Adrian Topano, Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Akademika Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Asiyah Asiyah, Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

Akademika Program Studi Pendidikan IPA IAIN Bengkulu

References

Asiyah, A., & Walid, A. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Challenge Based Learning Materi Lingkungan untuk Memberdayakan Kemampuan Interpretasi dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 275-288.

Djamarah, Bahri, S., dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Khasanah, N., Sajidan, S., Sutarno, S., Prayitno, B. A., & Walid, A. (2019). Critical Thinking Ability and Student’s Personal Religious Beliefs: An Analysis of DBUS Model Implementation. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 41-49.

Muhibbin, S. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Walid, A., Sajidan, S., & Ramli, M. Constructing A Test for Assessing Higher Order Thinking Skills of High School Students on Reproductive System. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 371-377).

Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. Construction of The Assessment Concept to Measure Students' High Order Thinking Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237-251.

Published

2019-09-30

How to Cite

Mustamin, A. A. B., Walid, A., Topano, A., & Asiyah, A. (2019). Perbandingan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Snowball Throwing Dan Konvensional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Journal of Biology Learning, 1(2). https://doi.org/10.32585/.v1i2.506