Gambaran Sistem Pengelolaan Rekam Medis di Rsud Dr. Soehadi Prijonegoro

Prita Devy Igiany

Abstract


Penyelenggaraan rekam medis merupakan faktor yang menentukan dan mencerminkan baik atau buruknya pelayanan kesehatan. Tercapainya tujuan penyelenggaraan rekam medis berhubungan dengan bagaimana rekam medis tersebut diselenggarakan. Rekam medis merupakan hal yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Hal ini jarena rekam medis tidak hanya menyediakan informasi legal, namun juga menjadi salah satu hal yang penting dalam menilai mutu pelayanan. Pelayanan rekam medis merupakan salah satu pelayanan penunjang medis di rumah sakit yang menjadi dasar penilaian mutu pelayanan medik rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi deskriptif. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah menggambarkan sistem pengelolaan dokumen rekam medis di RSUD dr.Soehadi Prijonegoro Sragen. Jenis penelitian adalah survei yang bersifat deskriptif. Pengambilan data dilakukan bulan Juli 2019. Data primer diperoleh dengan cara pengamatan langsung terhadap proses pelaksanaan rekam medis, wawancara, serta observasi berkas rekam medis untuk melihat kelengkapan rekam medis. Data sekunder diperoleh dari telaah dokumen yang ada di RSUD dr.Soehadi Prijonegoro Sragen. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain, 1) sistem penamaan berdasarkan KTP; 2) sistem penomoran menggunakan sistem UNS; 3) sistem penjajaran menggunakan sistem TDF; 4) sistem penyimpanan secara sentralisasi; 5) sistem pengolahan terdiri dari assembling, coding, indexing, filing, pelaporan; 6) pemusnahan dilakukan setiap 4 tahun.


Keywords


rumah sakit, rekam medis, sistem

References


Budi, S. (2011). Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik.

Departemen Kesehatan RI. (2008). Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Rekam Medis. Jakarta.

Hatta, G. (2008). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Pelayanan Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hatta, G. (2011). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI PRESS.

Judi. (2017). Tata Kelola Rekam Medis sebagai Upaya Menjaga Rahasia Medis di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia Vol. 5 No. 1, 96-102.

Konsil Kedokteran Indonesia. (2006). Manual Rekam Medis. Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

PERMENKES No. 269 Tahun 2008. (n.d.).

Ritonga, Z. A., & Rusanti, S. (2018). Gambaran Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Buna Thamrin Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, 498-509.

RSUD H. Abdul Aziz Marabahan. (2019). Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis 2019 RSUD H. Abdul Aziz Marabahan. Marabahan.

Shofari, B. (2004). Pengelolaan Sistem Rekam Medis. Semarang: PORMIKI.

Utami, A. R. (2011). Gambaran Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di RSU Dr. F. L.TOBING SIBOLGA. Medan: Universitas Sumatra Utara.




DOI: https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i2.1024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala

________________________________________________________________________________________________

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Jl. Letjend Sujono Humardani No.1, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57521

email: jikemb.fkm.univet@gmail.com

Main contact: Iik Sartika, SKM., M.Kes.  Mobile: 085645184557