Identifikasi Potensi Bahaya K3 pada Tim Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta

Chatarina Dorin Satiam Eva Jayati, Nur Ani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisa risiko bahaya K3 pada tim petugas pemadam kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Tools HIRA (Hazard Identification ad Risk Asessment). Penelitian yang dilaksanakan di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta. Subyek penelitian adalah petugas pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif, yang terdiri dari tiga komponen analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa level risiko terbanyak yang dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta adalah dalam kategori sedang yaitu sebanyak 10 (41,67%) potensi bahaya, level risiko kategori tinggi sebanyak 7 (29,17%) potensi bahaya, dan 2 (8,33%) potensi bahaya yang masuk kategori level risiko extrem. Sedangkan yang masuk ketegori rendah sebanyak 5 (20,83%) potensi bahaya. Berdasarkan kesimpulan tersebut diajukan saran kepada Dinas Kebakaran Kota Surakarta agar selalu melakukan perawatan terhadap Alat Pelindung Diri khususnya baju tahan api, masker pelindung wajah, dan alat bantu pernafasan untuk mengindarkan petugas pemadam kebakaran dari paparan bahaya yang disebabkan suhu tinggi dan menghisap asap kebakaran.

Kata kunci: HIRA, Identifikasi, Analisis Risiko, K3, Tim Pemadam Kebakaran


Keywords


HIRA, Identifikasi, Analisis Risiko, K3, Tim Pemadam Kebakaran

References


Aini, A.N. 2016. Analisis Risiko Kerja dan Upaya Pengendalian Bahaya pada Petugas Pemadam Kebakasan di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Jurnal: Jurusan Keselamatan dan Kesehatan FKM UNDIP.

Andriyan, A. 2011. Perhitungan Nilai Kompensasi Atas Risiko Kerja Pemadam Kebakaran Dinas Kebakaran Kota Surabaya Melalui Pendekatan Manajemen Risiko. Skripsi. Mahasiswa Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta, 2018. Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran (RISPK) Kota Surakarta.

Badan Standardisasi Nasional. 2018. Grand Desain Penerapan Manajemen Risiko di Badan Standardisasi Nasional 2018 – 2023.

Gunawan, F,A,. Lestari, Fatma., Subekti, Audist., & Somad, Ismed. 2016. Manajemen Keselamatan Operasi. Bandung: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pratomo Setyadi dan Yola Furqaan Nanda. 2017. Karakteristik Penyebaran Api Ketika Terjadi Kebakaran Berbasis Metode FDS (Fire Dynamics Simulator) pada arkiran Sepeda Motor Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi terbit II– Oktober 2017

Puspitasari, Nindya. 2010. Hazard identifikasi dan Risk Assesment dalam upaya megnurangi tingkat resiko dibagian produksi PT.Bina Guna Kimia Ungaran, Semarang. Skripsi.

Ramli,S. 2010. Manajemen Kebakaran. Dian Rakyat : Jakarta

Rijanto, B. 2011. Pedoman Pencegahan Kecelakan Industri. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Rizki, Kiki AR., Yuniar., & Desrianty, Arie. 2014. Usulan perbaikan Sistem Menejemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assesment (HIRA). Jurusan Teknik Industri Itenas Vol 2 No 2 : 311-321.

Sandy, Niko Eka, 2019. Penilaian Resiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proses Reparasi di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya. Seminar Nasional Kelautan XIV. ”Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir Dalam Peningkatan Daya Saing Indonesia” Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah, Surabaya 11 Juli 2019

Shafwani, R. 2012. Gambaran Risiko Pekerjaan Petugas Pemadam Kebakaran Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran Dinas (DP2K) Kota Medan. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Socrates, Muhammad F. 2013. Analisis risiko keselamatan kerja dengan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assesment and Risk Control) pada alat suspension Preheater bagian produksi di plant 6 dan 11 Field Citeureup PT Indocement Tunggal Prakarsa, tahun 2013.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Susihono, Wahyu., & Akbar, Feni R. 2013.Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Identifikasi potensi bahaya kerja (Studi kasus: PT. LTX kota Cilegon-Banten). Spectrum Industri Vol 11 No 2 : 209-226.




DOI: https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i2.1031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala

________________________________________________________________________________________________

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Jl. Letjend Sujono Humardani No.1, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57521

email: jikemb.fkm.univet@gmail.com

Main contact: Iik Sartika, SKM., M.Kes.  Mobile: 085645184557