Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Family Development Session (FDS) pada Program Keluarga Harapan (PKH)

Authors

  • Budhi Rahardjo Program Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Suryo Ediyono Program Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Desy Kurnia Putri Program Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i2.1094

Keywords:

Pemberdayaan Mayarakat Miskin, FDS, PKH

Abstract

Tingkat graduasi KPM PKH di desa Manang Kecamatan Grogol adalah nol padahal sudah ada Family Development Session (FDS) yang merupakan implementasi kegiatan pemberdayaan dalam PKH berupa proses belajar masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan KPM. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi proses dan hambatan pemberdayaan FDS PKH di Desa Manang. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, dilaksanakan pada bulan Agustus dengan informan 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data berupa data primer dan sekunder dipilih secara purposive sampling. Metode analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah pemberdayaan FDS sudah berjalan sejak 2017, faktor pendukung implementasi FDS adalah pendamping PKH yang sudah didiklat sedangkan hambatan FDS adalah pada tahap transformasi materi yang tidak maksimal karena waktu pelaksanaan FDS yang singkat, dan ada ketidaktepatan materi FDS yang diberikan dengan kebutuhan KPM. Disarankan pihak terkait baik Dinas Sosial, Koordinator dan Pendamping PKH terus bekerja dan memantau pelaksanaan FDS PKH sesuai peraturan yang berlaku. Bagi KPM selalu mengingat kewajibannya sebagai peserta PKH.

References

Dinas Sosial Kab. Sukoharjo. 2020. DTKS Januari Tahun 2020.

Dirjen Linjamsos. 2019. Pedoman Pelaksanaan PKH Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Sosial RI.

Dirjen Linjamsos. 2020. Petunjuk Pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Jakarta: Kementerian Sosial.

Dirjen Linjamsos. 2020. Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan Tahun 2020. Jakarta: Kementerian social

Ibrahim. 2010. Inovasi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan P2LPTK.

Moelong, L. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. Sekretariat PPKH Kab. Sukoharjo. 2020. SPM FC KPM PKH Tahap 3 tahun 2020. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sulistyani, A T. 2017. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta : Gavamedia.

Downloads

Published

2020-12-14