IMPLEMENTASI PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL

Authors

  • Reyna Putri Aditya Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v3i1.1114

Abstract

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara konkrit Implementasi Program Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Srondol. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Dinas Kesehatan Kota Semarang, Penanggung Jawab Lansia dari Puskesmas Srondol, Kader Posyandu Lansia, dan Lansia di Wilayah Tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif. Berdasarkan teori George C. Edward III yang terdiri dari komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Implementasi program posyandu lansia di  Wilayah Kerja Puskesmas Srondol telah memenuhi keempat variabel tersebut meskipun masih ada beberapa problematika seperti kurangnya kesadaran lansia tentang pentingnya posyandu, Kurangnya pelatihan yang diberikan kepada kader Posyandu Lansia, Serta sumber daya manusia, dan anggaran yang terbatas.

References

Allison, K. V.-N.-M. (2016). Evaluation of Daily Physical Activity (DPA) policy implementation in Ontario: surveys of elementary school administrators and teachers. . BMC Public Health.

Dinas Kesehatan. (2018). Laporan Tahunan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang . Semarang: Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Man YP, C. G. (2015). Platform for frail elderly people supporting information and communication. . Stud Health Technol Inform.

Nugroho, W. (2014). Keperawatan Gerontik dan Geriatrik: Edisi Ketiga. Jakarta: EGC.

Vandiver, T. M., & Anderson. (2018). Community-Based Home Health Programs and Chronic Disease. Synthesis of the Literature.

Wulansari, T. (2015). Studi Deskriptif Implementasi Program Posyandu Lanjut Usia di RW IV Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 1-9.

Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 pasal 138

Haycock-Stuart, E., & Kean, S. (2013). Shifting the balance of care: A qualitative study of policy implementation in community nursing. Journal of Nursing Management, 21(6), 867-877.

Badan Pusat Statistik 2016 Proyeksi Penduduk Menurut Kelompok Umur 2014- 2016

Kemenkes RI. Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta 2011.

Published

2021-06-30