Pengaruh Pengetahuan dan Status Ekonomi terhadap Status Gizi Ibu Hamil Trimester II di Puskesmas Masbagik Lombok Timur

Authors

  • Regina Pricilia Yunika Bumigora University
  • M Zulfikar Al Fariqi Bumigora University

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v3i1.1274

Abstract

ABSTRAK

Status gizi ibu hamil merupakan keadaan tubuh ibu hamil yang seimbang dikarenakan adanya pemasukan makanan yang dikonsumsi dan zat – zat gizi dalam tubuh yang digunakan untuk kehidupan sehari – hari dalam mempertahankan fungsi – fungsi organ ibu hamil. Janin dalam kandungan ibu sangat dipengaruhi oleh gizi yang dikonsumsi oleh ibu hamil itu sendiri. Proses kehamilan dan perkembangan janin akan terganggu apabila status gizi ibu hamil tidak terpenuhi dengan baik. Faktor – faktor yang mempengaruhi status gizi ibu hamil adalah pengetahuan, social ekonomi, pendidikan dan paritas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan status ekonomi terhadap status gizi ibu hamil trimester II di Puskesmas Masbagik Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi berjumlah 117 ibu hamil, sampel penelitian sebanyak 54 ibu hamil dengan tekhnik pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan uji statistik menggunakan chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengetahuan nilai p = 0.004 (p < 0.05) dan status ekonomi nilai p = 0.001 (p < 0.05) terhadap status gizi ibu hamil di Puskesmas Masbagik Lombok Timur. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pengetahuan dan status ekonomi terhadap status gizi ibu hamil trimester II di Puskesmas Masbagik Lombok Timur.

 

Kata kunci: Ibu Hamil Trimester II, Pengetahuan, Status Ekonomi, dan Status Gizi

 

References

Srianingsih dan Ayu, M. S, 2013, Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Nutrisi Terhadap Status Gizi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibiru Banyuwangi 2013, Artikel Penelitian, Banyuwangi.

Rahmaniar, 2013, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil di Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Tesis, Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makasar.

Ernawati, 2012, Hubungan Pengetahuan Ibu Hami Tentang Anemia Defisiensi Besi Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Besi di Puskesmas Karangdowo, Klaten, Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, Vol 5 (2): 110-118.

FAO, IFAD and WFP, 2013, The State of Food Insecurity in the World 2013, The Multiple Dimension of Food Security, Rome: FAO.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2013, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2013.

Sambeka, M, 2013, Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tuminting Kec.Tuminting Kota Manado, Journal Keperawatan (e-Kp). Volume 1, Nomor 1.

Pangemanan, 2013, Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Status Gizi Selama Kehamilan di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Keperawatan (E-kp), Vol 1 Nomor 1. Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.

Wijaya, I. M. K, 2013, Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Terhadap Keaktifan Kader Dalam Pengendalian Tuberkulosis. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(11), 119–127.

Oktaviana, P, dan Patonah, S, 2010, Hubungan Status Ekonomi Dengan Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Ngambon Kabupaten Bojonegoro, Artikel Penelitian, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Akses Rajekwesi Bojonegoro.

Ausa, E, Jafar, N, dan Indriasari, R, 2013, Hubungan Pola Makan Dan Status Sosial Ekonomi Dengan Kejadian KEK Pada Ibu Hamil di Kabupaten Gowa, Artikel Penelitian, Kabupaten Gowa.

Ana, V, dan Eko, H, 2018, Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat, CV Budi Utama, Yogyakarta.

Almatsier, S, 2009, Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Almatsier, S, 2011, Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Surasih, 2014, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keadaan Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu hamil di Kabupaten Banjar Negara Kota Semarang. Skripsi, Sarjana IKM Universitas Negeri Semarang.

Arisman, 2010, Buku Ajar Ilmu Gizi : Gizi Dalam Daur Kehidupan. EGC, Jakarta.

Supariasa, I. D. N, 2013, Penilaian Status Gizi. EGC, Jakarta

Published

2021-06-30