FAKTOR - FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KONDISI KESEHATAN MENTAL MAHASISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32585/jikemb.v4i1.2346Keywords:
Kesehatan Jiwa, Pembelajaran Online, Mahasiswa, Faktor Kesehatan Jiwa, Faktor Pembelajaran Online, Covid 19.Abstract
Tenaga kesehatan di masyarakat maupun di perusahaan dituntut untuk profesional dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Salah satu upaya peningkatan kapasitas adalah melalui studi lanjutan, yang selama pandemi ini dilakukan secara online. Adanya kesibukan yang banyak mengganggu aktivitas kerja dan tekanan yang dihadapi oleh tenaga kesehatan sehingga mempengaruhi kondisi mental mahasiswa berubah tipe Universitas Veteran Bangun Nusantara.
Studi potong lintang komparatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi Metode penelitian yang digunakan adalah observasional kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pindahan pada program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 76 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket data diri dan angket DASS-21 yang disebarkan secara online, kemudian data dianalisis menggunakan uji Spearman rho dan koefisien kontingensi = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia berpengaruh terhadap kesehatan mental (kecemasan) pada siswa (p value = 0,043). Pekerjaan yang berlebihan mempengaruhi kesehatan mental (kecemasan) pada siswa (p value = 0,003). Aktivitas siswa dalam kelompok kelas berpengaruh terhadap kesehatan mental (depresi) pada siswa (p value = 0,05). Sementara itu, kemampuan penggunaan media pembelajaran online, fasilitas internet, kualitas jaringan internet, ketersediaan alat, kemampuan mengakses literasi, dan ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas tidak mempengaruhi kesehatan mental siswa dalam proses pembelajaran online di masa pandemi covid.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perkuliahan online di masa pandemi covid-19, usia, kelebihan pekerjaan, dan status perkawinan berpengaruh terhadap kesehatan mental mahasiswa kelas alih jenis sehingga kurang optimal dalam menjalankan perannya. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa kelas alih jenis dapat meningkatkan keterampilan manajemen waktu, meningkatkan komunikasi dengan keluarga dan bersosialisasi dengan rekan kerja.
Kata kunci: Kesehatan Jiwa, Pembelajaran Online, Mahasiswa, Faktor Kesehatan Jiwa, Faktor Pembelajaran Online, Covid 19.
Downloads
References
Andiarna, F., & Kusumawati, E. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Belawati, T., & Nizam. 2020. Potret Pendidikan Tinggi dan Peradaban Indonesia. In Poret Pendidikan Tinggi di Masa Covid-19. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9010
Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. 2021. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656
Fidiansjah, & Tri Wirasto, R. 2020. Pandemi dan Mental Health : Meringkas Isu Kesehatan Mental selama Satu Tahun di Era Pandemi. Jurnal Kesehatan, 5(3), 12. https://bem.fkg.ugm.ac.id/2021/01/10/kajian-pandemi-dan-mental-health/
Fiorillo, A., & Gorwood, P. 2020. The consequences of the COVID-19 pandemic on mental health and implications for clinical practice. European Psychiatry, 63(1). https://doi.org/10.1192/j.eurpsy.2020.35
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Oknisih, N., Wahyuningsih, Y., & Suryoto. 2019. Penggunaan Aplen (aplikasi online ) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 477–483.
Pemerintah RI Gugus Covid-19. 2020. Penanganan covid-19 protokol kesehatan. In Kantor Staf Presiden. https://covid19.go.id/p/protokol/protokol-kesehatan-penanganan-covid-19
Valerisha, A., & Putra, M. A. 2020. Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 131–137. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137
WHO. 2020. Monitoring Health for the DGs. In Endocrine (Vol. 9, Issue May). https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.nep
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala (JIKeMB) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.