Implementasi Protokol Kesehatan Covid-19 pada Petugas Kesehatan di Puskesmas Baki Sukoharjo

Authors

  • Ester Kristian Pamurti Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Iik Sartika Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Akhmad Azmiardi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v4i1.2459

Keywords:

Implementasi, Petugas Kesehatan, Protokol Kesehatan COVID?1

Abstract

Puskesmas Baki Sukoharjo diketahui mengalami peningkatan jumlah pasien positif COVID-19 per bulan Juni-Desember tahun 2020, penurunan rata-rata jumlah pasien per bulan Januari-April tahun 2021, terdapat 7 petugas kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada tahun 2019-2021, serta dalam pelaksanan protokol kesehatan petugas kesehatan mengalami kendala yaitu kurang tersedianya APD yang lengkap dan merata sehingga petugas kesehatan perlu membawa sendiri APD dapat mempengaruhi empat variabel dari Model Van Meters dan Van Horn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi protokol kesehatan COVID-19 pada petugas kesehatan di Puskesmas Baki Sukoharjo.

                Jenis dan rancangan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode study kasus. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman (data reduksi, data display, conclusion drawing atau verification).

                Hasil penelitian berdasarkan empat variabel Model Van Meters dan Van Horn didapatkan hasil bahwa standar dan sasaran kebijakan sudah baik karena terdapat SPO COVID-19 berpedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 revisi ke-5 dan Juknis Kemenkes; sumber daya manusia dan non manusia atau fisik belum memadai; karakteristik agen pelaksana sudah baik karena terdapat struktur organisasi dan tim gerak cepat penanganan COVID-19; serta disposisi implementor bahwa agen pelaksana SPO COVID-19 sudah dilaksanakan dengan baik. Sehingga, dapat disimpulkan implementasi protokol kesehatan COVID-19 pada petugas kesehatan di Puskesmas Baki Sukoharjo sudah baik.

                Saran kepada pihak Puskesmas Baki Sukoharjo yaitu perlunya koordinasi lebih baik lagi mengenai tugas dan wewenang atau melakukan rolling kerja sehingga tidak mengalami hambatan dalam mengimplementasi protokol kesehatan COVID-19 pada petugas kesehatan di Puskesmas Baki Sukoharjo agar dapat tercapainya capaian program yang lebih baik lagi.

 

Kata kunci: Implementasi, Petugas Kesehatan, Protokol Kesehatan COVID?19

 

References

Indriyanti, Dina. 2020. Implementasi Protokol Kesehatan pada Petugas Puskesmas di Masa Pandemi: Studi Kasus Puskesmas Cileungsi Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Aparatur, VOL. 2, NO. 2, November 2020.

Jateng, Humas. 2021. Statistik Kasus COVID-19 Jawa Tengah. Tanggap COVID-19 Provinsi Jawa Tengah, dilihat 09 Mei 2021, http://corona.jatengprov.go.id/.

Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 43 Tahun 2019. Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Menteri Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/1591 Tahun 2020. Tentang Protokol Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 33 Tahun 2015. Tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Suharno. 2016. Dasar-dasar Kebijakan Publik: Kajian Proses dan Analisis Kebijakan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugeng, Winarso, dkk. 2020. Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 di Era New Normal pada Kampung Tangguh Desa Karangdowo, Terminal Jajag dan RTH Maron Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Multidisciplinary Journal, VOL. III. NO. 1, Juli 2020.

WHO. 2021. WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. World Health Organization, dilihat 09 Mei 2021, http://covid19.who.int/.

Zulfian. 2014. Implementasi Kebijakan Program Pendataan Keluarga Sejahtera Dalam Pendistribusian Alat Kontrasepsi Di Kabupaten Sintang. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi, ISSN: 2356-3885, VOL. 1 NO. 2, 2014.

Downloads

Published

2022-06-02