Efektivitas Penyampaian Pesan Kesehatan Prioritas Melalui Media Spot Radio Di Era Pandemi Covid19

Authors

  • Budi Kristianto Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli Dinkes Prov Jateng, Universitas Kusuma Husada Surakarta, PPPKMI Pengda Jateng
  • Budi Prasetyo Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v4i2.3272

Keywords:

Efektivitas, pesan kesehatan, spot radio

Abstract

Penanggulangan penyakit menular dan penyakit tidak menular menular antara lain dilakukan melalui upaya promosi kesehatan. Penyampaian pesan kesehatan prioritas melalui penayangan spot radio menjadi salah satu alternatif media promosi kesehatan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat di saat pandemi Covid19.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penyampaian pesan kesehatan prioritas melalui media spot radio (studi dilakukan pada 4 stasiun radio di Kota Semarang). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah apakah terdapat perbedaan pengetahuan pendengar radio yang signifikan terkait pesan kesehatan prioritas sebelum dan sesudah penayangan spot radio. Penelitian dilaksanakan bulan Mei-Juni 2021.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan metode pre eksperimental design. Populasi  penelitian adalah para pendengar di empat stasiun radio di Kota Semarang, yaitu Radio Gajahmada 102.4 FM, Radio POP 103.6 FM, Radio Idola 92.6 FM, dan Radio Sonora 98.9 FM. Adapun Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Sampel penelitian ini adalah pendengar keempat stasiun radio yang telah mengisi kuesioner pada link tautan yang telah diinformasikan oleh penyiar  radio.

Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis univariat dilakukan pada beberapa variabel antara lain variabel usia, pendidikan dan pengetahuan responden terkait pesan kesehatan prioritas sebelum dan sesudah penayangan spot radio. Sedangkan analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon dengan taraf kepercayaan 95%,  tujuannya untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan pengetahuan pendengar radio yang signifikan sebelum dan sesudah penayangan spot radio.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1395 total responden, sebagian besar  adalah wanita 724 orang(51,9%), sebagian besar berpendidikan SLTA dan S1 1057 orang (76,5%) dan sebagian besar berusia 21 tahun sebanyak 92 orang(6,6%). Hasil uji statistic Wilcoxon diketahui p value <0,05 yang berarti terdapat perbedaan  pengetahuan pendengar radio yang signifikan sebelum dan sesudah penayangan spot radio.

References

Diclemente, Ralph J., Salazar, Laura F., Crosby, R. A. (2013). Health Behavior Theory for Public Health: Principles, Foundations, and Applications. Jones & Bartlett Learning. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=1G9MGgsymIAC&oi=fnd&pg=PR1&dq=Diclemente,+Ralph+J.,+Salazar,+Laura+F.,+Crosby,+Richard+A.+(2013).+Health+Behavior+Theory+for+Public+Health:+Principles,+Foundations,+and+Applications.+Burlington:+Jones+%26+Bart

Ibnu, I. F., Rachman, W. A., Hamid, R. F., Rachman, W. A., & Ibnu, I. F. (2014). Efektivitas Program Talkshow Tambahan Obat Tradisional terhadap Perilaku Pendengar Radio di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan …, 3(1). https://core.ac.uk/download/pdf/25490860.pdf%0Ahttps://www.neliti.com/publications/8232/efektifitas-program-talkshow-tambahan-obat-tradisional-terhadap-perilaku-pendeng

Jatmika, septian emma dwi, Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan. In Buku Ajar.

Kemenkes RI. (2007). Riskesdas 2007. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2010). Riskesdas 2010. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2013). Riskesdas 2013. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2018). Riskesdas 2018. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2020). Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Covid19 (Kemenkes RI (ed.)). Kemenkes RI.

Kusumastuti, Adhi., Khoirun, Ahmad Mustamil., Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Deepublish.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Qomusuddin, Ivan Fanani., Romlah, S. (2022). Analisis Data Kuantitatif Dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Penerbit Deepublish.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

TNP2K. (2017). 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting). TNP2K-Unit Komunikasi.

YC Setiaji. (2015). Pemilihan Varian Iklan Spot Pada Radio (Studi Pre-experimental Designs (nondesigns) Pemilihan Varian Iklan Spot Radio Pada Masyarakat Yogyakarta).

Downloads

Published

2022-11-30