Hubungan Antara Penilaian Visual Baliho Dengan Keyakinan Melakukan Protokol Kesehatan

Authors

  • budi kristianto Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Nadya Puspita Adriana
  • El Kartika Sari

DOI:

https://doi.org/10.32585/jikemb.v5i1.3693

Abstract

Penanggulangan penyakit menular dan penyakit tidak  menular antara lain dilakukan melalui upaya promosi kesehatan. Penyampaian pesan kesehatan prioritas melalui penayangan media luar ruang menjadi salah satu alternatif media promosi kesehatan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat di saat pandemi Covid19.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi perubahan perilaku pencegahan Covid19 melalui media luar ruang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survey. Populasi  penelitian adalah masyarakat yang ada di sekitar tempat penayangan visual baliho. Adapun Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang berada di sekitar tempat penayangan visual baliho dengan kriteria bersedia menjadi responden penelitian dan berusia minimal 17 tahun. Jumlah sampel yang akan diambil sebanyak 40 responden.

Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square dengan taraf kepercayaan 95%,  tujuannya untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan yang signifikan antara penilaian visual baliho dengan keyakinan melakukan protokol kesehatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 total responden, sebagian besar responden adalah pria, usia rata-rata 46 tahun dan tingkat Pendidikan SMP. Terdapat hubungan antara penilaian visual baliho dengan keyakinan mampu melakukan protocol Kesehatan (memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak) dengan p value <0,05.

Kata Kunci : Efektivitas, media luar, baliho.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Artikel