Persepsi Pejabat Tentang Iklan Rokok dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Masyarakat Di Kantor Pelayanan Pajak Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32585/jikemb.v1i1.692Kata Kunci:
Iklan Rokok, Persepsi Pejabat, Kesehatan MasyarakatAbstrak
Iklan rokok di berbagai tempat di Kota Yogyakarta yang menggunakan billboard atau spanduk merupakan bukti bahwa periklanan mengalami peningkatan. Untuk pajak iklan dari hasil iklan reklame, pajak yang masuk ke APBD dari tahun 2013-2017 melebihi realisasi target. Penelitian ini betujuan mengetahui persepsi pejabat tentang iklan dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, dikantor pelayanan pajak kota Yogyakarta. Jenis penelitian kualitatif pendekatan case study. Subjek penelitian kepala kantor pelayanan pajak daerah, kasi pendaftaran dan pendataan serta biro iklan. Variabel penelitian sikap tentang iklan rokok, persepsi pejabat, kondisi lingkungan kerja, pengambilan keputusan, kontribusi iklan, dampak iklan dan ekspektasi iklan rokok. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara serta tanya jawab pada subjek penelitian. Analisis menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian pejabat tidak peduli terhadap dampak iklan terhadap masyarakat, iklan rokok menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat, pengambilan keputusan beradasarkan aturan dalam periklanan, iklan memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan daerah, usaha mengurangi dampak iklan adalah membatasi pemasangan iklan, serta ekspektasi pejabat mengharapkan pemasangan iklan terkosentrasi pada satu tempat. Untuk pimpinan daerah terkait kebijakan periklanan agar ditinjau kembali, sehingga kebijakan berpihak kepada masyarakat.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Bugin, B. 2007. Analisa Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofi dan Metodelogi ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Rajagrafinda Persada
Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah. 1998. Izin Penyelenggaraan Reklame. Yogyakarta
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. : Alfabeta.
Widyatama, R. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di JIKeMB bersifat akademik. JIKeMB tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.