Persepsi Pejabat Tentang Iklan Rokok dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Masyarakat Di Kantor Pelayanan Pajak Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32585/jikemb.v1i1.692Keywords:
Iklan Rokok, Persepsi Pejabat, Kesehatan MasyarakatAbstract
Iklan rokok di berbagai tempat di Kota Yogyakarta yang menggunakan billboard atau spanduk merupakan bukti bahwa periklanan mengalami peningkatan. Untuk pajak iklan dari hasil iklan reklame, pajak yang masuk ke APBD dari tahun 2013-2017 melebihi realisasi target. Penelitian ini betujuan mengetahui persepsi pejabat tentang iklan dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, dikantor pelayanan pajak kota Yogyakarta. Jenis penelitian kualitatif pendekatan case study. Subjek penelitian kepala kantor pelayanan pajak daerah, kasi pendaftaran dan pendataan serta biro iklan. Variabel penelitian sikap tentang iklan rokok, persepsi pejabat, kondisi lingkungan kerja, pengambilan keputusan, kontribusi iklan, dampak iklan dan ekspektasi iklan rokok. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara serta tanya jawab pada subjek penelitian. Analisis menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian pejabat tidak peduli terhadap dampak iklan terhadap masyarakat, iklan rokok menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat, pengambilan keputusan beradasarkan aturan dalam periklanan, iklan memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan daerah, usaha mengurangi dampak iklan adalah membatasi pemasangan iklan, serta ekspektasi pejabat mengharapkan pemasangan iklan terkosentrasi pada satu tempat. Untuk pimpinan daerah terkait kebijakan periklanan agar ditinjau kembali, sehingga kebijakan berpihak kepada masyarakat.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Bugin, B. 2007. Analisa Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofi dan Metodelogi ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Rajagrafinda Persada
Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah. 1998. Izin Penyelenggaraan Reklame. Yogyakarta
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. : Alfabeta.
Widyatama, R. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala (JIKeMB) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.