Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Sadari Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Pada Remaja Putri Di Smk Muhammadiyah Cawas Klaten

Novaria Wijayanti, Triyanta Triyanta, Nur Ani

Abstract


Angka kejadian kanker payudara dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini salah satunya dikarenakan masih rendahnya pengetahuan remaja putri mengenai SADARI sehingga 70% banyak yang datang dalam keadaan stadium lanjut (III dan IV) dan 80% masyarakat tidak mengerti pentingnya SADARI. Oleh karena itu, SADARI perlu dipahami dan diketahui oleh remaja putri sehingga dapat diterapkan secara rutin untuk mendeteksi dini masalah kesehatan payudara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penyuluhan kesehatan SADARI dengan media video terhadap pengetahuan remaja putri di SMK Muhamamdiyah Cawas Klaten.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Pre Experimental Design. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Agustus 2019 dengan sampel sebanyak 69 siswi yang diambil secara total sampling. Variabel bebas adalah penyuluhan kesehatan SADARI dengan media video dan variabel terikat adalah pengetahuan tentang SADARI. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test.

Hasil penelitian diketahui sebelum penyuluhan kesehatan dengan media video pengetahuan remaja putri mayoritas cukup sebanyak 47,8% dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan dengan media video pengetahuan remaja putri mayoritas baik sebanyak 58%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan tentang SADARI melalui media video.

Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian penyuluhan kesehatan tentang SADARI melalui media video efektif meningkatkan pengetahuan remaja putri. Saran untuk SMK Muhammadiyah Cawas Klaten hendaknya dapat menggunakan media video sebagai bahan ajar terkait kesehatan payudara dan deteksi dini kanker payudara untuk meningkatkan pengetahuan anak usia produktif.


Keywords


pemeriksaan SADARI, pengetahuan, media video

References


Aeni, Nurul dan Diyah Sri Yuhandini. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care Vol .6, No.2,Tahun 2018: 162-174.

Alini dan Indrawati. 2018. Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual Dan Leaflet Tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang SADARI di SMAN 1 Kampar Tahun 2018. Jurnal Ners Research & Learning in Nursing Science Volume 2 Nomor 2 Tahun 2018 : 1 – 9.

Henny, 2012. Mengenal Seluk Beluk Kanker. Yogyakarta : Katahati

Kemenkes RI Propinsi Jawa Tengah. 2018. Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah 2018. Semarang: Kemenkes RI.

Lubis, L, U. 2017. Pengetahuan Remaja Putri tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dengan Perilaku SADARI. (Online). (http://ejournal.stikesaisyiyah.ac.id/index.php/eja, diakses 10 April 2019)

Manuaba, Ida Bagus Gde, Ida Ayu Chandranita Manuaba, dan Ida Bagus Gde Fajar Manuaba. 2015. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB Untuk Pendidikan Bidan. Ed.2. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, S. 2015. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Olfah, Yustiana. 2013. Kanker Payudara dan SADARI. Yogyakarta: Nuha Medika

Rochmaedah, Siti. 2018. Efektivitas Health Education Tentang Sadari Dengan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswi MAN Seram Bagian Barat. Global Health Science, Volume 3 No. 4, Desember 2018: 329-333.

Saragih, Erita. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Sadari Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswi Di Smk Swasta Arjuna Laguboti Kabupaten Tobasa Tahun 2018. Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, Volume 11, Nomor 1, Juni 2019: 67 – 72.

Siburian, U.D. 2015. Pengaruh Media Leaflet dan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Dalam Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara di Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Tesis. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan.

Ulfa, Siti Mutia dan Rinna Azrida. 2018. Efektivitas Penyuluhan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Dengan Metode Ceramah Dan Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Remaja Putri Di SMA Muhammadiyah 01 Medan Tahun 2016. Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Ibnu Sina Biomedika Volume 2, No. 2 (2018): 144-151.

World Health Organization. 2018. Adolescent Health. [Online]. (http://www.who.int/topics/adolescent_health/en/ index.html diakses tanggal 10 April 2019).

World Health Organization. 2018. Data Global Cancer Observatory 2018. [Online] (http://www.databoks.com/ diakses 5 Februari 2020).




DOI: https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i1.816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala (JIKeMB)

________________________________________________________________________________________________

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Jl. Letjend Sujono Humardani No.1, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57521

email: jikemb.fkm.univet@gmail.com

Main contact: Iik Sartika, SKM., M.Kes.  Mobile: 085645184557