Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Nguter Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Warsini Warsini

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXC SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu75,0 mencapai ? 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Nilai rata-rata prestasi belajar PKn sebelum tindakan rata-rata sebesar 73,1, pada siklus I sebesar 77,1 dan setelah tindakan siklus II sebesar 81,9. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 62,5%, pada siklus I, 23 siswa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,8%.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

-------------------------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Poerwodarminto. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Warsini, W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Nguter Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 29(3), 279–286. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1011

Issue

Section

Artikel