Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Thityn Ayu Nengrum IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Najamuddin Pettasolong
  • Muhammad Nuriman

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring dan daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui terkait apa saja yang menjadi kelebihan maupun kekurangan pada proses pembelajaran luring maupun daring. Seperti yang kita ketahui bahwa, ada dua sistem pembelajaran yang diterapkan saat ini yaitu sistem daring (dalam jaringan) dan sistem luring (luar jaringan). Tentu, kedua sistem pembelajaran ini, memiliki letak persamaan maupun berbedaan, dan juga letak kelebihan dan kelemahan baik dalam proses pembelajaran, maupun keefektifan yang akan dicapai, tentu hal ini juga akan berpengaruh pada pencapaian kompetensi dasar yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan fakta lapangan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring maupun daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum bahasa Arab. Hasil kajian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat data yang diperoleh dilapangan bahwa pembelajaran luring  maupun daring  terdapat kelebihan dan kekurangan baik dari segi, metode, media, maupun proses pembelajarannya. Dan berkenaan dengan hal itu, proses pembelajaran luring maupun daring  keduanya tidak menjamin kompetensi dasar dalam kurikulum, dapat sepenuhnya tercapai dengan maksimal.

Kata-kata Kunci: Luring dan Daring, Kompetensi Dasar, Kurikulum Bahasa Arab

 

References

Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi Pada Masa New Normal Covid-19, Jurnal Paedagogy volume7(2), Oktober.

Atik Sholihatul, Hikmawati. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Arab Di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, Jurnal Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, volume 2(1), Juni.

Asmuni, (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan volume 7(4), Oktober.

Ekantini, Anita. (2020). EfektivitasPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP, Jurnal Pendidikan Madrasah, volume 5(2), November.

Erwan Rio, Pratama dan Sri Mulyati. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19, JurnalGagasan Pendidikan Indonesia, volume 1(2), Desember.

Giyarsi, (2020). Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ghaitsa: Islamic Education Journal volume 1(3).

Hanifah Unik Salsabila dkk. (2020). Peran Tekhnologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, volume 17(2), Juli-Desember.

Munir Ahmad, Saifulloh dan Mohammad Darwis. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Relajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Bidayatuna, volume 3(2), Oktober.

Menteri Peraturan Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab.

Menteri Keputusan Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Malyana, Andasia. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, volume 2(1).

Muslimah, Muslimah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IXD SMP Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan, Volume 29(3), Nopember 2020, hal: 287-294.

Nurdianto Talqis, dan Noor Azizi Bin Ismail. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Di Indonesia. Jurnal at-Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, volume 6(1), Juni.

Petta Solong, Najamuddin, dan Luki Husin. (2020). Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru Pai. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3.2.

Perdana Ayusi Putri, dkk. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring dan Luring Selama Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Pendidikan volume 2(1), April.

Putria, Hilnadkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, volume 4(4).

Roni, Acep Hamdani, dan Asep Priatna, (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang, Jurnal Ilmiah PGSD SKTKIP Subang volume 6(1), Juni.

Rosita Novi Rahmawati, dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah, SITTAH: Journal of Primary Education, volume 1(2), Oktober.

Trisnawati Wahyu dan Sugito. (2021).Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, volume 5(1).

Wahida, Robbiatul. (2020). Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Bahasa Arab Daring Via WhatsApp Di Madrasah Tsanawiyah, Jurnal Sastra Arab: Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI Malang, 04 Oktober.

Wahyono, Poncojari dkk. (2020). Guru Profesional di masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring, Jurnal Pendidikan Profesi Guru volume 1(1).

Wardani Anita dan YuliaAyriza. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini volume 5(1).

Wahyuni, Sri. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Pendidikan, volume 29(3), Nopember 2020, hal: 269-278.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Issue

Section

Artikel