Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1202Abstract
Dunia pembelajaran dituntut selalu berkreasi dan berinovasi sepanjang jaman. Guru salah satu mesin penggerak di dalamnya. Oleh karena itu, guru harus mampu mengadakan perubahan dan perkembangan dalam malaksanakan tugasnya. Kemampuan mengadakan perubahan dalam pembelajaran termasuk strategi untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Mengapa guru harus memiliki strategi pembelajaran? Strategi pembelajaran merupakan serangkaian cara untuk mewujudkan tujuan pembelajaran termasuk penggunaan model pembelajaran inovatif. Model pembelajaran inovatif yang dilakukan oleh guru harus berpusat pada kegiatan peserta didik, menarik dan menyenangkan. Di samping itu pembelajaran harus sesuai dengan karakter dan lingkungan peserta didik sehingga pembelajaran bisa menggugah minat dan semangat peserta didik. Untuk mewujudkan hal tersebut, guru harus menguasai jenis-jenis model pembelajaran dan langkah-langkahnya. Dengan menguasai model pembelajaran secara baik, guru dapat memilih jenis model pembelajaran mana yang sesuai dengan materi, karakter peserta didik dan lingkungannya. Penulis sering menggunakan model pembelajaran yang berbeda-beda tergantung jenis materinya dan hasilnya sangat signifikan. Setiap model pembelajaran mempunyai kelebihan dan kelemahan. Pilihlah jenis model pembelajaran yang sesuai dengan materi, peserta didik, lingkungan dan tujuan pembelajaran.
Kata-kata Kunci: Model-model pembelajaran, Strategi pembelajaran, Pembelajaran kooperatif
Downloads
References
Ahmad, Syah. (2005). Strtegi Belajar Mengajar. Jakarta: Ciputat Press.
Anita, 2010. Cooperative Learning (Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: Grasindo
Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Giyono. (2019) Penerapan Metode Group Investigation untuk meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(1) Maret 2019, hal: 1-16.
Kemp.(1995). Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB.
Piaget, J. (1963). The Origins of Intelligence in Children. New York: W.W. Norton & Company, Inc.
Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies: WliatEveiy Teacher Should Know. New York: Newbury House.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2006). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Medi GroupSlameto.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sumardi. (2019) Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan ‘Speaking’ dalam Teks ‘Recount’ dengan Menggunakan Model Talking Stick Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1Gemolong Semester GenapTahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(1), Maret 2019, hal: 71-80.
Sumardi. (2020) Apakah Melalui Media Audio Visual dan Model STAD (Students Teams Acheavement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Skill) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan, volume 29(1), Maret 2020, hal: 21-36.
Sardiman, A.M. (2003). Interaksi Dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: PT. Rajawali Pres Grafindo Persada.
Marsela. (2012). Model Pembelajaran Kancing Gemerincing. Diambil dari: http://metra2277.blogspot.com/2012/10/model–pembelajaran-kancinggemerincing.
Supriono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Belajar
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.