Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui Metode Permainan dan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas II SDN Sendangmulyo
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1226Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui metode permainan dan media kartu bilangan pada siswa Kelas II SDN Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode permainan dan media kartu bilangan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah. Tempat penelitian adalah Kelas II SDN Sendangmulyo. Waktu penelitian pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa tes dengan soal isian singkat, lembar pengamatan dan dokumen foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah metode permainan dan media kartu bilangan meningkatkan hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah pada siswa Kelas II SDN Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar, yaitu rata-rata kelas pada Kondisi Awal 60,8, Siklus I meningkat menjadi 67,8 dan Siklus II meningkat lagi menjadi 77,9 dan ketuntasan siswa pada Kondisi Awal 33% atau 8 siswa, Siklus I menjadi 46% atau 11 siswa dan Siklus II menjadi 79% atau 19 siswa.
Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Perkalian, Metode Permainan, Media Kartu Bilangan.
Downloads
References
Adjie, N dan Rostika, D. (2006). Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI Press.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Iswadji, J. (2003). Pengembangan Media/Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLTP. Makalah, tidak dipublikasikan.
Kusmiyati. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Hanstand dalam Pembelajaran Penjasorkes melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI MM2 SMK N 1 Miri Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 231-240.
Oktaviana. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA materi Gaya pada Siswa Kelas V SDN Kalijoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 281-288.
Parmono. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Alat-alat Optik dengan Kuis Edmodo Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, volume 29(2), hal: 151-158.
Simanjuntak, V. (2008). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
Sudarmaji. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kecepatan Kelas V SDN Kemujan Kecamatan Karimunjawa Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 37-44.
Sudiman, Arief S. dkk. (1996). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Suratno. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret melalui Pendekatan SAVI bagi Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 67-76.
Susilo, Herawati dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media.
Suwangsih, E. dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Tamardiyah, ND. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectual Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 5 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 321-330.
Tarjono. (2003). Pengenalan dan Pemahaman terhadap Bilangan. Jakarta: IMB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.