Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui Metode Permainan dan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas II SDN Sendangmulyo

Authors

  • suratmi suratmi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1226

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui metode permainan dan media kartu bilangan pada siswa Kelas II SDN Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode permainan dan media kartu bilangan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah. Tempat penelitian adalah Kelas II SDN Sendangmulyo. Waktu penelitian pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa tes dengan soal isian singkat, lembar pengamatan dan dokumen foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah metode permainan dan media kartu bilangan meningkatkan hasil belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah pada siswa Kelas II SDN Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan hasil belajar, yaitu rata-rata kelas pada Kondisi Awal 60,8, Siklus I meningkat menjadi 67,8 dan  Siklus II meningkat lagi menjadi 77,9 dan ketuntasan siswa pada Kondisi Awal 33% atau 8 siswa, Siklus I menjadi 46% atau 11 siswa dan Siklus II menjadi 79% atau 19 siswa.

Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Perkalian, Metode Permainan, Media Kartu Bilangan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adjie, N dan Rostika, D. (2006). Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI Press.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Iswadji, J. (2003). Pengembangan Media/Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLTP. Makalah, tidak dipublikasikan.

Kusmiyati. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Hanstand dalam Pembelajaran Penjasorkes melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI MM2 SMK N 1 Miri Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 231-240.

Oktaviana. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA materi Gaya pada Siswa Kelas V SDN Kalijoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 281-288.

Parmono. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Alat-alat Optik dengan Kuis Edmodo Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, volume 29(2), hal: 151-158.

Simanjuntak, V. (2008). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

Sudarmaji. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kecepatan Kelas V SDN Kemujan Kecamatan Karimunjawa Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 37-44.

Sudiman, Arief S. dkk. (1996). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Suratno. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret melalui Pendekatan SAVI bagi Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 67-76.

Susilo, Herawati dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media.

Suwangsih, E. dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Tamardiyah, ND. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectual Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 5 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 321-330.

Tarjono. (2003). Pengenalan dan Pemahaman terhadap Bilangan. Jakarta: IMB.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

suratmi, suratmi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Bilangan Cacah melalui Metode Permainan dan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas II SDN Sendangmulyo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 95–104. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1226

Issue

Section

Artikel