Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas V dan VI melalui Pembimbingan Partisipasi Aktif Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Jobokuto Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Siti Mahmudah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1244

Abstract

Hasil pemantauan yang dilakukan oleh penulis menunjukkan kualitas proses pembelajaran guru kelas V dan VI SD Negeri 2 Jobokuto kurang maksimal. Rata-rata skor untuk guru kelas V adalah 1,12 dan guru kelas VI adalah 1,18 dengan rerata 1,15 dengan maksimal skor 3. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan, kenaikan persentase dan efektivitas proses pembelajaran dengan bimbingan partisipasi aktif oleh kepala sekolah bagi guru kelas tinggi yaitu kelas V dan kelas VI SD Negeri 2 Jobokuto Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan dengan jenis metode  Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Prosedur tindakan dilakukan meliputi dua siklus dan setiap siklus melalui 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiaan guru kelas tinggi kelas V dan VI SD Negeri Jobokuto. Berdasarkan hasil pengamatan melalui bimbingan partisipasi aktif oleh kepala sekolah ada peningkatan kualitas proses pembelajaran dari kondisi awal ke siklus II yaitu dari 1,15 dapat dilaksanakan sangat efektif.

Kata Kunci: Kualitas pembelajaran, pembimbingan, partisipasi aktif 

References

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, I. (2003). Manajemen Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiarsih, Dyah. (2008). Laporan PTS, Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Melalui Pemberian Contoh.

Cullen, Jack., Len D’Innocenzo, (terjemahan). (2004). Memaksimalkan Kinerja. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Depdiknas. (1993). Pedoman Bimbingan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjendikdasmen.

Hagemann, G. (1993). Motivasi untuk Pembinaan Organisasi. Jakarta: PT Pustaka Binaman.

Pressindo. Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Juliantoro,

Mohamad Juliantoro. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal al–Hikmah Kependidikan dan Syariah STAIBA, volume 5(2), hal: 24-38. http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/42/40

Keputusan Mendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kholis, Nur dkk. (2014). Kualitas Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholders: Studi Fenomenologi di Sekolah Konfesional MIN Tegalasri Wlingi Blitar. Jurnal Pembangunan Pendidikan, volume 2(2), hal: 130-148. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/2639/2194

Sarifudin. (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Hidayah Bogor, volume 2(1), hal: 49-70. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/374

Sudibyo AP, Drs., M.Pd, (2007). Peningkatan Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Pembelajaran Melalui Supervisi Individual Pendekatan Kolaboratif, Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Semarang, Semarang. Laporan Penelitian Tindakan Sekolah

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Mahmudah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas V dan VI melalui Pembimbingan Partisipasi Aktif Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Jobokuto Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(1), 105–112. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1244

Issue

Section

Artikel