Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Tata Tertib Model Make A Match Siswa Kelas I SDN Bendosari 03 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • wagiyem wagiyem

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1246

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi akan rendahnya hasil belajar PPKn siswa Kelas 1 SDN Bendosari 03 Tahun Pelajaran 2018/2019 materi tata tertib masih rendah. Penelitian ini bertujuan agar hasil belajar PPKn materi tata tertib  siswa kelas 1 SDN Bendosari 03, Sukoharjo, Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat meningkat; melalui model Make a match. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, adapun subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN Bendosari 03 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 8 siswa, waktu penelitian dimulai bulan Agustus 2018 sampai Desember 2018. Hasil penelitian  selama pra-tindakan, siklus satu, siklus dua serta hasil pengamatan dan dokumentasi. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menerapkan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menyatakan model make a match  dapat meningkatkan hasil belajar PPKn  Materi Tata Tertib  Siswa Kelas 1 SDN Bendosari 03 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata-kata Kunci: make a match, hasil belajar, tata tertib

 

References

Fachruddin Saudagar. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Huda, Mihtahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ira Dwi Setya Rahmayanti & Henny Dewi Koeswanti. (2017). Penerapan Model Make A Match Untuk MeningkatkanHasil Belajar Matematika Materi Siswa Kelas IV SD Negeri Diwak. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika,volume 5(3), hal: 209-218.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lie, Anita. (2003). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Neni Nisrohad Riyanti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tempuran 4 Ngawi. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume 6(4), hal:440-450,

Suyitno, Amin. (1997). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. PPKn I. Semarang: Jurusan Pendidikan PPKn. F MIPA UNNES.

Suwandi, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan,dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wahab, Abdul Aziz. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

wagiyem, wagiyem. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Tata Tertib Model Make A Match Siswa Kelas I SDN Bendosari 03 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 30(1), 123–132. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1246

Issue

Section

Artikel