Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Team Assisted Individualization SD Negeri Bendosari 03 Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1247Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Dari 8 siswa kelas IV hanya 4 orang yang tuntas dalam mengerjakan tes pada kondisi awal dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50, dengan rata rata nilai 66. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan prestasi belajar IPS pada materi aktivitas ekonomi siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Pelaksanaan dilaksanakan melalui tahapan dua siklus, Pelaksanaan Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo pada siswa kelas IV semester 2. Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu dari Januari 2019 sampai dengan Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian berupa hasil tes siswa kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui model Team Assisted Individualization, prestasi belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Semester 2, Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti dapat meningkatkan” .
Kata-kata Kunci: Team Assisted Individualization, pembelajaran, IPS
Downloads
References
Aat Haryati. (2017). Penggunaan Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,volume 4(1), hal: 47-60. https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/15
Aliffah Fajarwati. (2017). Implementasi Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) untukMeningkatkan Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan pecahan pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Indonesia, volume 5(3), hal: 1-5.
Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung: PT Rosdakarya.
Dimyati & Mudjiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dina Qonita. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Bilangan Bulat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, volume 4(2), hal: 189-194.
Harjati. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hetika. (2008). Pembelajaran Menurut Aliran Kognitif Edisi 2008. Jakarta: Rineka Cipta.
Iin Khairunnisa & Sugiharsono. (2015). Keefektifan model pembelajaran kooperatif metode Problem Solving dan tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, volume 2(1), Maret 2015, hal: 12-20.
I Dewa Ayu Putu Suryati. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Penatih. J.Vidya Wertta Universitas Hindu Indonesia, volume 2(2), hal: 192-202. https://doi.org/10.32795/vw.v2i2.399.
I Gusti Agung Inten Prabaningrum dan I Ketut Adnyana Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, volume 3(4), hal: 405-413.
I Gusti Ayu Kencana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TAI Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus VIII Sukawati. Jurnal Mimbar PGSD UNDIIKSHA,volume 2(1), hal: 1-10.
Maman Achdiyat & Fitriya Andriyani. (2016). Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA UNINDRA,volume 6(3), hal: 246-255.
Ni Luh Sutiari. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Matapelajaran Tata Graha. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran UNDIKHSA, volume 3(1), hal: 32-40.http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107.
Slameto. (2003).’Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya.’ Jakarta:Rineka Cipta.
SlavinRobert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
Sugiyono. (2010).’Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:’ Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.