Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu

Authors

  • Joko Hariyono

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1283

Abstract

Penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul dalam pembelajaran IPA, kususnya pada materi atau kompetensi dasar “ Klasifikasi makhluk hidup di kelas VII F Semester 1 SMP Negeri 1 Bulu.  Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020  sebanyak 28 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjek pelaku tindakan adalah guru IPA kelas VII F selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data .Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar  IPA siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar  IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,96, pada siklus I sebesar 75,14 dan pada siklus II sebesar 81,00.

Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD dan prestasi belajar  IPA                                    siswa.

References

Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik prosedur. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Astuti, Siti Irene. (2007). Desentralilsasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu pada tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Simposium Nasional 2007, Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang, Depdiknas RI.

Depdiknas. (2003). Indikator Pendidikan di Indonesia. Jakarta: LitBang Depdiknas.

Depdiknas (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Sains. Departemen Pendidikan Nasional.

Hartanto, Sri (2019) Peningkatan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Kependidikan, volume 28(1), hal: 20-30.

Jamiyem. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams achievement Division (STAD) Bagi Siswa Kelas IX H Semester II SMP Negeri 4 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 261-268.

Nizland. 2007. Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tesedia di http://nizland.wordpress.com. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2019

Poerwadarminta.(1976).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Slavin,Robert,E. (1995). Cooperative Learning Research and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suyoto. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Kesenian Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 85-92.

Sukmadinata,N.S.,dkk. (2002). Pengendalian mutu pendidikan sekolah menegah. Bandung: Kesuma Karya.

Sumardi. (2020). Apakah Melalui Media AudioVisual dan Metode STAD (Students Teams Achievement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Sklil) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1): hal: 21-36.

Suratmi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya dan Kesenian (SBK). Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal:305-312.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Hariyono, J. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu. Jurnal Pendidikan, 30(2), 331–340. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1283

Issue

Section

Artikel