Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN Wirogunan 03

Authors

  • Isnaeni paramita

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1534

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli terhadap siswa khususnya kelas V Semester 1 SD Negeri Wirogunan 03 kecamatan Kartasura Semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan menggunakan dua siklus tindakan. Langkah-langkah tersebut meliputi: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan. Analisis data kualitatif strategi pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan membandingkan siklus 1 dan siklus ke 2 sedangkan data yang berupa angka (kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pra siklus, nilai siklus 1 dan nilai tes siklus 2 kemudian direfleksi. Berdasarkan hasil tes sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan serta perbaikan pembelajaran, nilai rata-rata kemampuan siswa diketahui pada kondisi awal sebesar 63,57 meningkat menjadi 73,21,00 pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,64 pada akhir Siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 42,86% pada kondisi awal meningkat menjadi 64,29% pada akhir tindakan siklus I, kemudian meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan Siklus II.

Kata-kata Kunci: Passing bawah bola voli, pembelajaran kooperatif tipe Tari                                        Bambu, Prestasi belajar

References

Adang Suherman. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Arifin, Imron. (1996). Penelitan Kualitatif: dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: alimasada Press.

Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Bismo Suryatmo, dkk. (2006). Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Etin Solihatin & Raharjo. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

M. Mariyanto, Sunardi, Agus Margono. (1996). Permainan Kekuatan Besar Bola Voli. Jakarta, Universitas Terbuka

M. Yunus. (1992). Bolavoli Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Pendekatan dalam Pembelajaran. http://akhmad-sudrajat.wordpress.com/2008/01/21/Pendekatan-Pembelajaran/. Diakses pada tanggal 29 Juli 2009.

Sugandi, Achmad, Dkk. (2007). Teori Pembelajaran, Semarang : Unnes Press.

Suharno HP. (1984). Dasar-dasar Permainan Bola Voli. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta.

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. Rosda Karya.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

paramita, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN Wirogunan 03. Jurnal Pendidikan, 30(2), 291–298. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1534

Issue

Section

Artikel