Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Bagi Guru Kelas dan Mata Pelajaran Di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Melalui Supervisi Akademik Metode Direktif Semester II Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1535Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif guna meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP; dan 2) meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali melalui supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 selama 3 (tiga) bulan. Subjek penelitian adalah 8 (delapan) orang guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik pendekatan kelompok dengan metode direktif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP adalah sebagai berikut: a) Menyampaikan pengumuman kepada guru tentang akan dilaksanakannya kegiatan supervisi akademik mengenai peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan RPP; b) Mempersiapkan materi bimbingan berupa penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13; c) Menyampaikan materi bimbingan tentang cara penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13 dengan benar; dan d) Mempersiapkan instrumen supervisi baik instrumen wawancara maupun instrumen pengamatan; 2) Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif dapat meningkatkan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil penilaian RPP yang diperoleh guru maupun jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata hasil penilaian RPP mengalami peningkatan dari sebesar 67.95 pada kondisi awal, meningkat menjadi 74.55 pada tindakan Siklus I, dan kemudian meningkat menjadi 81.12 pada tindakan Siklus II. Jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) mengalami peningkatan dari sebanyak 31.25% pada kondisi awal, meningkat menjadi 50.00% pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 81.25% pada tindakan Siklus II.
Kata-kata Kunci: Penyusunan RPP, supervisi akademik, pendekatan kelompok, metode direktif
Downloads
References
Ardian dkk, (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif Dalam Pembelajaran Sejarah. Diambil dari: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/2520.
Arikunto, Suharsimi dkk. (2007). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (1988). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Asep H. Hermawan, dkk. (2008). Pembangunan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Astuti dkk, (2020). Pelatihan Pembelajaran Microsoft 365 Pada Guru Sekolah Dasar Negeri 02 Banjarturi Warureja Tegal. Diambil dari: https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3328162011_6_Desa%20Bojongsana_20200909_140554.pdf.
Depdiknas. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Dirjen Dikdasmen.
Fathimatuzzahrah, Ainin. (2020). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dalam Penyelesaian Studi Siswa. Jurnal Basic Edu, Volume 2(1), April 2020, hal: 1-7
Fatimah, Dewi Nur. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, volume 14(1), hal: 28- 29
Glickman. (1990). Supervision Human and Perspective. Macmilan: New York
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional.. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutopo, HB. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.
Suprihatin MD. (1989). Administrasi Pendidikan. Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor Sekokah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Supandi. (1996). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta Departemen Agama dan Universitas Terbuka.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.