Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Bagi Guru Kelas dan Mata Pelajaran Di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Melalui Supervisi Akademik Metode Direktif Semester II Tahun 2021

Authors

  • daliyo spd

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif guna meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP; dan 2) meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali melalui supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 selama 3 (tiga) bulan. Subjek penelitian adalah 8 (delapan) orang guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik pendekatan kelompok dengan metode direktif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP adalah sebagai berikut: a) Menyampaikan pengumuman kepada guru tentang akan dilaksanakannya kegiatan supervisi akademik mengenai peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan RPP; b) Mempersiapkan materi bimbingan berupa penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13; c) Menyampaikan materi bimbingan tentang cara penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13 dengan benar; dan d) Mempersiapkan instrumen supervisi baik instrumen wawancara maupun instrumen pengamatan; 2) Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif dapat meningkatkan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil penilaian RPP yang diperoleh guru maupun jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata hasil penilaian RPP mengalami peningkatan dari sebesar 67.95 pada kondisi awal, meningkat menjadi 74.55 pada tindakan Siklus I, dan kemudian meningkat menjadi 81.12 pada tindakan Siklus II. Jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) mengalami peningkatan dari sebanyak 31.25% pada kondisi awal, meningkat menjadi 50.00% pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 81.25% pada tindakan Siklus II.

Kata-kata Kunci: Penyusunan RPP, supervisi akademik, pendekatan kelompok,                                    metode direktif

References

Ardian dkk, (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif Dalam Pembelajaran Sejarah. Diambil dari: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/2520.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2007). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (1988). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Asep H. Hermawan, dkk. (2008). Pembangunan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Astuti dkk, (2020). Pelatihan Pembelajaran Microsoft 365 Pada Guru Sekolah Dasar Negeri 02 Banjarturi Warureja Tegal. Diambil dari: https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3328162011_6_Desa%20Bojongsana_20200909_140554.pdf.

Depdiknas. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Dirjen Dikdasmen.

Fathimatuzzahrah, Ainin. (2020). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dalam Penyelesaian Studi Siswa. Jurnal Basic Edu, Volume 2(1), April 2020, hal: 1-7

Fatimah, Dewi Nur. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, volume 14(1), hal: 28- 29

Glickman. (1990). Supervision Human and Perspective. Macmilan: New York

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional.. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo, HB. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.

Suprihatin MD. (1989). Administrasi Pendidikan. Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor Sekokah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Supandi. (1996). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta Departemen Agama dan Universitas Terbuka.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

spd, daliyo. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Bagi Guru Kelas dan Mata Pelajaran Di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Melalui Supervisi Akademik Metode Direktif Semester II Tahun 2021. Jurnal Pendidikan, 30(2), 207–218. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1535

Issue

Section

Artikel