Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan

Authors

  • Yohanes Susanto Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Jefirstson Richset Riwukore Universitas Indo Global Mandiri
  • Isti Afrianti Universitas Bina Insan Lubuklinggau
  • Fellyanus Habaora Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1578

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui besaran pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Lubuklinggau menggunakan metode assosiatif kuantitatif, dengan menghubungkan variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada para guru dengan sampel sebanyak 45 responden. Teknis analisis pada peelitian ini menggunakan teknis statistik analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan nilai uji t-hitung untuk variabel kompetensi sebesar 2,722 > dari t-tabel 2,021 dengan nilai sig 0,000. Hal ini menunjukan bahwa kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru, sedangkan untuk variabel motivasi uji t-hitung sebesar 3,022 > dari t-tabel 2,021 dengan nilai sig 0,000 yang berarti ada pengaruh seignifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil uji- F variabel kompetensi dan motivasi kerja guru sebesar 10,380 > dari f-tabel 3,22 nilai sig 0,000 menunjukkan simultan variabel kompetensi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Lubuklinggau, namun secara parsial motivasi kerja lebih dominan mempengaruhi kinerja guru, maka disarankan agar unsur pimpinan khususnya Kepala Sekolah agar dapat memberikan program kerja dan kesejahteraan guru guna memacu motivasi kerja di sekolah.

Kata-kata Kunci: kompetensi, motivasi kerja, dan kinerja guru

References

Afrilyan, B., Fitri, K., & Mahardi. (2017). The effect of competence, work experience and job placement on organizational commitment PT. Wahana Meta Riau in Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 153-166.

Aini, N. (2019). Evaluation of employee performance to realize public services from a good governance perspective. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 1(1), 43-57.

Danila, & Riwukore, J. R. (2019). The influence of competence and motivation on employee performance in the Office of General Working of Bina Marga of South Sumatra Province. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 4(2), 39-51.

Daryanto, E. (2014). Individual characteristics, job characteristics, and career development: A study on vocational school teachers’ satisfaction in Indonesia. American Journal of Educational Research, 2(8), 698-702.

Fathurrochman, I. (2017). Competency development of the State Civil Apparatus (ASN) of Islamic College employees (STAIN) through education and training methods. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(21), 120-129.

Habaora, F. (2015). Populasi opini penyalahgunaan kekuasaan. Jogjakarta: Deepublish Press.

Habaora, F. (2020). Rekam jejak (2017-2019) dua tahun implementasi visi misi FirMan-mu di Kota Kupang "Ayo Berubah". Yogyakarta: Phoenix Publisher.

Hartono. (2019). Upaya meningkatkan motivasi dan kompetensi menyusun RPP cooperative learning model example non example melalui supervisi akademik bagi guru kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 28(3), 239-246.

Hasbi, M., & Yusman. (2016). Kinerja guru Aqidah Akhlak, SKI, Al-Qur’an Hadits, Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Keban II Kec. Sanga Desa, Kab. Muba. Jurnal of Islamic Education Management , 2 (2 ), 67-85.

Komara, E. (2019). Professional competencies of state civil apparatus’ employee in Indonesia. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 73-84.

Mahdane, A., Hubeis, M., & Kuswanto, S. (2018). The influence of SKKNI and HR competencies on HR development in the HR Professional Unit in facing the MEA era. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 1-9.

Marlina, L. (2015 ). Manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan. Istinbath, 15 (16 ), 123-139.

Meirina, Y. (2013). The influence of job satisfaction, work environment and work motivation on employee performance in the Industrial and Energy Division of PT Haskoning Indonesia. MIX: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(3), 322-332.

Novauli, M. F. (2015 ). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3( 1 ), 45-67.

Riwukore, J. R. (2010). Effect of transformational leadership, competency motivation and commitment to work organization and performance of employees in Goverment Secretariat City Kupang, East Nusa Tenggara [Dissertation]. Surabaya: Programs Study of Economic Science, Postgraduate in Universitas 17 Agustus 1945.

Riwukore, J. R. (2020). Kepemimpinan transformasional peningkatan sumber daya manusia. Solok Sumatera Barat (Indonesia): CV. Insan Cendekia Mandiri.

Riwukore, J. R., & Habaora, F. (2019). Perception of farmers on the performance of extensionist in the pasture agroecosystem of Timor Tengah Utara District. Asian Journal of Agricultural Extension, Economics & Sociology, 29(2), 1-10.

Riwukore, J. R., & Habaora, F. (2021). The influence of competence and work motivation to teacher performance in SMP Negeri at Kota Kupang. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(1), 1010-1017.

Riwukore, J. R., Susanto, Y., Walyusman, Riance, A., Zubaidah, R. A., & Habaora, F. (2021a). Analysis of employee performance based on competence and work climate in Lubuklinggau Barat I District at Indonesia. The Journal of Social Sciences Research, 7(1), 7-14.

Riwukore, J. R., Fuah, A. M., Abdullah, L., Priyanto, R., Yani, A., Purwanto, B. P., & Habaora, F. (2021b). Profile of farmers based feed management and animal health of Bali cattle in agroecosystem variation at Timor Island. Bulletin of Animal Science, 45(2), 129-136.

Riyadi, S., & Mulyaprada, A. (2017). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Radatul di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 106-117.

Santoso, N. I. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK Budi Mulia Tangerang. MIX: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(3), 272-283.

Sugiyono. (2017). Methods of quantitative, qualitative and combination writing (mixed methods). Bandung, Indonesia: Alfa Beta Press.

Sujarweni, W. V. (2014). Methodology of research. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Togatorop, J. B., & Heryanto. (2019). The effect of teacher performance on student learning outcomes Public Elementary School 060934 Medan Johor Academic Year 2017/2018. International Journal of Education, Learning and Development, 7(5), 97-107.

Wibowo, S., Amboningtyas, D., Fathoni, A., & Darsin. (2017). Analisis pengaruh kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada Fleet Departemen di PT. Serasi Autoraya Cabang Semarang. Journal of Management, 3(3), 1-10.

Wijaya, D. K. (2015). Pentingnya komunikasi organisasi, motivasi kerja dan kompetensi untuk meningkatkan kinerja guru. MIX: Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 275-290.

Winbaktianur, & Putri, N. U. (2017). The effectiveness of motivation training to increase the work motivation of outsourcing workers as cleaning service at UIN Imam Bonjol Padang. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 65-80.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Susanto, Y., Riwukore, J. R., Afrianti, I., & Habaora, F. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 143–152. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1578

Issue

Section

Artikel