Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia

Authors

  • Farid Setyawan UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
  • Ismail Fauzi UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
  • Bunga Fatwa UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
  • Hilmi Abdussalam Zaini UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
  • Nur Mrs Jannah UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632

Abstract

: Penetapan pembelajaran full day school merupakan kebijakan baru yang memberlakukan pembelajaran di sekolah seharian penuh. Pendidikan yang sifatnya dinamis tentu selalu melakukan pembaharuan demi mengejar ketertinggalan Pendidikan Indonesia dengan negara maju. Namun hal ini tentu memerlukan persiapan yang matang agar dapat meminimalisasi timbulnya konflik. Kekhawatiran masyarakat timbul karena dengan adanya full day school ditakutkan dapat merusak tatanan yang sudah ada seperti pengajaran madrasah diniyah. Tentu hal ini akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat dan anak-anak. Pada penelitian ini akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana implementasi dan problematika penerapan sistem pendidikan full day school.

References

Arwildayanto, Suking, A., & Sumar, Tune Sumar, S.Pd., M. P. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. In Kebijakan Publik.

Chabibi, M. (2018). Politik Pendidikan Tentang Kebijakan Full Day School (Analisis Karakter Kebijakan Publik). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.9

Danhas, Y. (2021). Analisis Pengelolaan Dan Kebijakan Pendidikan/Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=jl4kEAAAQBAJ

Miftah, M. (2018). Menakar Kebijakan Full Day School (Studi Analisis Permendikbud No 23 Tahun 2017). Jurnal Perspektif. https://doi.org/10.15575/jp.v2i1.14

Rahem, Z. (2017). Dampak Sosial Pemberlakuan Full Day School (Menimbang Mafsadat-Maslahat Permendikbud 23/2017 Dan Perpres 87/2017). Al-Murabbi.

Sugiono. (2013). Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. In Mode Penelitian Kualitatif.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Taufika, R. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Tentang Full Day School Dalam Menumbuhkan Karakter Sisiwa dI SDIT Bunayya Medan: Studi Deskriptif pada Pelaksanaan Full Day School. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. In Yayasan Obor Indonesia.

Driyakara, Driyakara Tentang Pendidikan (Yogyakarta: Kanisius, 1980) hlm.,12

Azizy, A. Q. (2000). Islam dan Permasalahan Sosial. Yokyakarta: LKis.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369–376. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632

Issue

Section

Artikel