Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Authors

  • Sri Suprapti

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1717

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018 sebanyak 6 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Untuk menjaga objektivitas data hasil observasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan-tahapan observasi dan perencanaan, refleksi tindakan, monitoring penelitian, refleksi hasil penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh nilai mean motivasi belajar pada prasiklus sebesar 51,56 %. Pada siklus I diperoleh mean sebesar 61,45% dan siklus II diperoleh mean sebesar 85,41%. Berdasakan hasil penelitian menunjukkan siswa mulai menyadari pentingnya motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat siswa yang mulai bersemangat mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Dari uraian hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi.

References

Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self

Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGANG Volume 1(1). Diambil dari: https://core.ac.uk/download/pdf/304202254.pdf

Amti E, Prayitno. (1999). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chosiyah. (2001). Bimbingan dan Konseling Belajar. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Tidak diterbitkan.

Djamarah, S.B dkk. (1995). StrategiBelajarMengajar. Banjarmasil: RinekaCipta.

Endang Sampurnawati. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa. Skripsi: IKIP Veteran Semarang.

Mochamad Nursalam, Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 4(2).

https://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Oemar Hamalik. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Okta Endah Wati. (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Lampung.

Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, danMinat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa

Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Volume 1(2).

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjB4K7hxanzAhXhmuYKHeh0B4QQFnoECAYQAQ&url=http%3A%2F%2Fjournal.unas.ac.id%2Fpujangga%2Farticle%2Fdownload%2F320%2F218&usg=AOvVaw1JW3KFkcJ2TNEAd5_lVZeu

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhaimin. (2008). Motivasi Belajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Suharni & Purawanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume, 3(1).

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Winkel. W. S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Suprapti, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Jurnal Pendidikan, 30(3), 463–470. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1717

Issue

Section

Artikel