Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1717Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018 sebanyak 6 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Untuk menjaga objektivitas data hasil observasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan-tahapan observasi dan perencanaan, refleksi tindakan, monitoring penelitian, refleksi hasil penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh nilai mean motivasi belajar pada prasiklus sebesar 51,56 %. Pada siklus I diperoleh mean sebesar 61,45% dan siklus II diperoleh mean sebesar 85,41%. Berdasakan hasil penelitian menunjukkan siswa mulai menyadari pentingnya motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat siswa yang mulai bersemangat mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Dari uraian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi.
Downloads
References
Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self
Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGANG Volume 1(1). Diambil dari: https://core.ac.uk/download/pdf/304202254.pdf
Amti E, Prayitno. (1999). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chosiyah. (2001). Bimbingan dan Konseling Belajar. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Tidak diterbitkan.
Djamarah, S.B dkk. (1995). StrategiBelajarMengajar. Banjarmasil: RinekaCipta.
Endang Sampurnawati. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa. Skripsi: IKIP Veteran Semarang.
Mochamad Nursalam, Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 4(2).
https://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf
Oemar Hamalik. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Okta Endah Wati. (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Lampung.
Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, danMinat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa
Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Volume 1(2).
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhaimin. (2008). Motivasi Belajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Suharni & Purawanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume, 3(1).
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Winkel. W. S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.