Proses Internalisasi Kearifan Lokal Intangible Melalui Pendidikan Informal Untuk Memperkuat Karakter Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1759Abstract
Di tengah maraknya pengaruh globalisasi terhadap budaya bangsa, penguatan karakter bangsa menjadi sesuatu yang penting. Untuk itu diperlukan upaya untuk memperkuat karakter bangsa melalui media yang mudah dipahami dan mudah diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan menggali proses internalisasi kearifan lokal intangible dalam pendidikan informal guna memperkuat karakter bangsa dan mencari tahu hambatan-hambatannya. Pendidikan informal yaitu pendidikan di keluarga yang seharusnya mampu melakukan internalisasi atau proses pembelajaran nilai-nilai luhur, sehingga dapat memperkuat karakter bangsa. Media yang dapat digunakan untuk memperkuat karakter bangsa pada penelitian ini adalah melalui kearifan lokal intangible. Kearifan lokal intangible merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat dalam budaya tidak berwujud, seperti pantun, cerita dan nyanyian tradisional, serta nasihat-nasihat. Proses internalisasi kearifan lokal intangible dilakukan melalui aktivitas sehari-hari dalam sebuah keluarga. Anak-anak dinyanyikan atau dibacakan cerita tradisional menjelang tidur. Aktivitas berupa pembiasaan sehari-hari, misal penggunaan bahasa Jawa krama serta memberi dan menerima dengan menggunakan tangan kanan. Aktivitas lainnya saat bercengkrama bersama, misal saat makan atau bersantai. Hambatan dalam proses internalisasi berupa kurangnya waktu orang tua untuk berinteraksi dengan anak-anak dan kurangnya keteladanan orang tua.
Downloads
References
Ba’daun, Laila. (2002). Sosialisasi Pada Keluarga Orang Tua Tunggal (Studi Kasus Perempuan Kepala Keluarga Di Desa Lembang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba). Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanudin
Dihamri, Haimah, dan Abditama. (2018). “Pembangunan Karakter Bangsa Generasi Milenial Berbasis kearifan Lokal Suku Jawa”. Geografflesia. Vol:3 No:2
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Versi Online/Daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id (diakses Hari Sabtu 5 Juni 2021 jam 11.15 WIB)
La Belle, T. J. (1982). Formal, nonformal and informal education: A holistic perspective on lifelong learning. International review of education, 28(2), 159-175.
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. (2017).Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosisl untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta:ESIS
Mawardi, Lusiana. (2017). “Pengembangan Karakter Kebangsaan berbasis Kearifan lokal Sebagai Alternatif Pada Pendidikan Informal Di Kabupaten Sintang”. Jurnal PEKAN. Vol:2 N0:2. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/184/160
Samani, M dan Haryato. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nuraini. Pepak Basa Jawa Lengkap. Lingkar Media
Saryono, D. (2019). Model Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Di Provinsi Jawa Timur. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 137-148.
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003
Wardhani, N. W. (2013). Pembelajaran nilai-nilai kearifan lokal sebagai penguat karakter bangsa melalui pendidikan informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.