Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Yulia Darniyanti
  • Nini Efriani Universiatas Shawna's Indonesia
  • Wiwik Okta Susilawati

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, pada mata pelajaran PPKn materi penerapan sila pancasila. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik sulit memahami materi pembelajaran PPKN dan kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif, kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media komik penerapan sila pancasila PPKn kelas 3 SD yang valid, praktif, dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan R&D adalah jenis penilitian yang dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Model yang digunakan adalah model ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, develop, implement, dan evaluation. Dari beberapa jurnal yang sudah di telaah penulis mendapatkan hasil bahwa: Media komik berpengaruh terhadap efektifitas belajar peserta didik, membuat peserta didik menjadi pengalaman belajar, dan dapat membuat peserta didik memiliki minat belajar.Hasil validasi yang dilakukan oleh 4 validator diperoleh nilai validitas media rata -rata 79% dengan kategori valid, nilai validasi RPP rata-rata 94% dengan kategori sangat valid, nilai validasi tentang rata-rata 86% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya nilai praktikalitas memperoleh rata-rata 89% dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas memperoleh rata-rata 86% dengan kategori sangat efektiv. Dari hasil diatas dapat dikatakan bahwa komik penerapan sila pancasila memenuhi kategori valid dalam arti dapat diterapkan kepada peserta didik,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Bagja, W. (2015). kompetensi Pedagogik Guru. 1(1), 75–86.

Desa, D. I., Rumbai, P., & Seberida, K. (2019). Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(01), 42–49.

Efficacy, S., Dalam, S., Tematik, P., Iv, K., Percobaan, S. D. N., & Padang, K. (2020). ijtveT. 1(1), 31–36.

Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran Konsep,Model,dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran (W. Djaja (ed.)). Ombak.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. XVII, 274–285.

Junioviona, A. Q., Setyowati, N., & Yani, M. T. (2020). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sikap yang Mencerminkan Sila-sila Pancasila Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut, 8(3), 95–100.

Kurniawan, M. I. (2013). Pembelajaran Kewarganegaraan.

Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(1), 87–95. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408

Marisa, D. (2017). Komputer dan Media Pembelajaran (E. Purwanto (ed.); 1st ed.). Universitas Terbuka.

Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha%0APengembngan

Prasetyo, A., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan : usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia. 14.

Rodhatul, J. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Rosyida. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Ais Rosyida Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. 11(1), 47–63.

Sari, T. I., Mardiati, Y., & Khutobah. (2014). Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas III dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember ( The Application of Learning Discussion Method by Using. Edukasi Unej, I(2), 36–39.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Susilawati, W. O., Darniyanti, Y., Prasetyo, D. E., Apreasta, L., & Novitasari, A. (2020). Urgency of Adiwiyata School for education as sustainable development. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(4), 543–549. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.15584

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Wulandari, R. A., Wiska, M., Susilawati, W. O., Efendi, R., & Darniyanti, Y. (2021). Juridical Analysis of Transitional Land Rights Unregistered in Dharmasraya Regency. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535, 566–570. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.127

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455–462. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789

Issue

Section

Artikel