Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, pada mata pelajaran PPKn materi penerapan sila pancasila. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik sulit memahami materi pembelajaran PPKN dan kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif, kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media komik penerapan sila pancasila PPKn kelas 3 SD yang valid, praktif, dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan R&D adalah jenis penilitian yang dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Model yang digunakan adalah model ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, develop, implement, dan evaluation. Dari beberapa jurnal yang sudah di telaah penulis mendapatkan hasil bahwa: Media komik berpengaruh terhadap efektifitas belajar peserta didik, membuat peserta didik menjadi pengalaman belajar, dan dapat membuat peserta didik memiliki minat belajar.Hasil validasi yang dilakukan oleh 4 validator diperoleh nilai validitas media rata -rata 79% dengan kategori valid, nilai validasi RPP rata-rata 94% dengan kategori sangat valid, nilai validasi tentang rata-rata 86% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya nilai praktikalitas memperoleh rata-rata 89% dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas memperoleh rata-rata 86% dengan kategori sangat efektiv. Dari hasil diatas dapat dikatakan bahwa komik penerapan sila pancasila memenuhi kategori valid dalam arti dapat diterapkan kepada peserta didik,Downloads
References
Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Bagja, W. (2015). kompetensi Pedagogik Guru. 1(1), 75–86.
Desa, D. I., Rumbai, P., & Seberida, K. (2019). Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(01), 42–49.
Efficacy, S., Dalam, S., Tematik, P., Iv, K., Percobaan, S. D. N., & Padang, K. (2020). ijtveT. 1(1), 31–36.
Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran Konsep,Model,dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran (W. Djaja (ed.)). Ombak.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. XVII, 274–285.
Junioviona, A. Q., Setyowati, N., & Yani, M. T. (2020). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sikap yang Mencerminkan Sila-sila Pancasila Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut, 8(3), 95–100.
Kurniawan, M. I. (2013). Pembelajaran Kewarganegaraan.
Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(1), 87–95. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408
Marisa, D. (2017). Komputer dan Media Pembelajaran (E. Purwanto (ed.); 1st ed.). Universitas Terbuka.
Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha%0APengembngan
Prasetyo, A., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan : usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia. 14.
Rodhatul, J. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Rosyida. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Ais Rosyida Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. 11(1), 47–63.
Sari, T. I., Mardiati, Y., & Khutobah. (2014). Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas III dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember ( The Application of Learning Discussion Method by Using. Edukasi Unej, I(2), 36–39.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Susilawati, W. O., Darniyanti, Y., Prasetyo, D. E., Apreasta, L., & Novitasari, A. (2020). Urgency of Adiwiyata School for education as sustainable development. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(4), 543–549. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.15584
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Wulandari, R. A., Wiska, M., Susilawati, W. O., Efendi, R., & Darniyanti, Y. (2021). Juridical Analysis of Transitional Land Rights Unregistered in Dharmasraya Regency. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535, 566–570. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.