Pengaruh Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 35 Bekasi

Authors

  • ramadana aureza universitas veteran bangun nusantara
  • Ardin Ardin

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Daring (x) terhadap Kepuasan Belajar (y) di SMPN 35 bekasi kelas VIII pada mata pelajaran IPS.Metode penelitian di sini mengunakan metode kuantitatif menggunakan metode survey deskriptif. Sampel penelitian mengunakan random samlping yang berjumlah 55 siswa dan siswi.

Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: 1)Persamaan regresi liner regresi di peroleh Y= 21,564 + 0,564X. artinya skor Y dapat di prediksi melalui persamaan linear. 2) Dari hasil analisis di dapat bahwa media daring berpengaruh terhadap kepuasan belajar IPS, hal ini dapat di lihat dari thit dan p- value lebih kecil dari 0,05. Oleh sebab itu dapat di interpresentasikan banwa pengaruh media daring  berpengaruh positif terhadap kepuasan  belajar IPS. 3)Dari hasil analisis uji signifikasi persamaan regresi diperoleh yaitu thit dan p-value lebih kecil dari 0,05,atau Ho ditolak. Dengan demikian regresi Y atau X adalah signifikan atau Media daring berpengaruh terhadap kepuasan belajar mata pelajran IPS. 4)Uji signifikasi koefesien korelasi di peroleh= 0,775 dengan p-value kecil dari 0,05 hal ini berarti Ho ditolak. Dengan demikian koefesien berkorelasi  sedang antara media daring dan kepuasan  Belajar IPS . Sedangkan dari hasil analisis di peroleh RSquere  0,600, yang mengandung makna bahwa 60%  variasi variabel hasil Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar.

Kata kunci;  Media Daring, Kepuasan Belajar

References

Aprizan, Subhanadri, N. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Karyanto, S., Tandayu, R., Febriani, J., & Kuang, T. M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Daring Terhadap Pengetahuan Belajar Mahasiswa Akuntansi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 171–186. https://doi.org/10.28932/jafta.v2i2.3279

Maryam, I., Anggraini, N., & Amelia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Prosiding Seminar Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 33–36.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592

Muflihatun, H. N., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Kepuasan Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 215–227. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37166

Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2068

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 133–146. https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.26

Nurul, M. W. (2020). Kepuasan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Guru Dan Fasilitas Belajar. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.

Putrielis, E. (2018). Keterkaitan Penggunaan Moving Class Dengan Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Belajar Ekonomi Siswa Man 2 Model Pekanbaru. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Riau, 9(2), 125–139.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendidikan, 7(1), 68–73.

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/864

Salsabila, U., Utami, S., Zahra, A., Haikal, F., & Cahyono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4412063

Sarkol, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring selama Covid-19 di SMP Negeri 41 Palembang. 2(1), 62–65.

Supriyadi. (2018). Influence of Emotional Intelligence of Students Learning Outcome Basic Statistics at STKIP Panca Sakti. 1, 1–21.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

aureza, ramadana, & Ardin, A. (2021). Pengaruh Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 35 Bekasi. Jurnal Pendidikan, 30(3), 377–386. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832

Issue

Section

Artikel