Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid- 19 Melalui Metode Demonstrasi Materi Salat Bagi Siswa Kelas II SDN Gumpang 03
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1882Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan salat secara tertib bagi siswa kelas II Semester II tahun pelajaran 2020/2021menggunakan metode Demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Gumpang 03 Kartasura. Perbaikan pembelajaran yang dilakukan guru cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa dan tingkat ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada akhir tindakan Siklus I mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar pada kondisi awal, yaitu meningkat dari 65.00 menjadi 71.43. Tingkat ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 42.86% pada kondisi awal, meningkat menjadi sebesar 73.43% pada akhir tindakan Siklus I.
Kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guru berdampak positif dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada tindakan Siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada akhir tindakan Siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai rata-rata pada akhir tindakan Siklus I, yaitu meningkat dari 71.43 menjadi 86.07. Tingkat ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 73.43% pada akhir tindakan Siklus I, meningkat menjadi sebesar 100% pada akhir tindakan Siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta metode demonstrasi ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Aini, N. (2019). Evaluation of employee performance to realize public services from a good governance perspective. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 1(1), 43-57.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Briliannur Dwi C, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, Hidayatur Rahman. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume 2(1): 28-37.
Dinita Mubianti. (2020). Perencanaan E-Learning Masa Pandemi Covid-19. https://www.kompasiana.com/dinita33308/5fd98d6ad541df061016a225/perencanaan-e-learning-masa-pandemi-covid-19 (di akses: 7 Maret 2020).
Dwi Puji Astuti, Siswandari,Djoko Santoso. (2017). E-Book for Problem Based Learning to Improve Learning Outcome of the Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 15(8): 220-227.
Dwi Sulisworo. (2020). Praktik Pembelajaran Online Era Covid-19. Yogyakarta: CV Markumi.
Hamalik, Oemar. 2006. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hamidi Ahmad. (2020). Workshop Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Prodi IKOR. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, volume 10(2): 109-118.
Hani Abdul. (2020). Strategi Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid–19.Jurnal Agriwidya, volume 1(3): 3-10.
Harminingsih. 2008. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Indy Kumalasari. (2014). Pendekatan Saintifik. https://www.slideshare.net/indykumalasari/ 10-pendekatansaintifik (di akses: 8 Maret 2020).
Moleong. 2004 . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani Sri. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernafasan Melaui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, volume 29(2): 143-150.
Nurfitriyanti, Maya. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, volume 6(2): 149-160.
Purwanto, Ngalim. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Shochib, M. (1998). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Menemukan Kepribadian. Bandung : Sinar Baru.
Sudjana, Nana. (2009). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Beiajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sujarweni, W. V. (2014). Methodology of research. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Usman, Moh. Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Teach, Intel (2007). Modul Pelatihan Intel Teach–Getting Started, Intel Education.
Teach, Intel (2008). Modul Pelatihan Intel Teach–Essentials Course, Intel Education.
The George Lucas Educational Foundation.(2005). Instructional Module Project Based Learning.
Winarno Agung & Maulana Afidzatul. (2020). The Implementation of Project Based Learning (PjBL) Based on STEM: A Reflection of Concept and Reality Within Learning Process in Business Department of Vocational High School. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, volume6(2): 78-86.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sumber: :http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/metode-demonstrasi-dan-eksperimen.html#ixzz2uZaOCi2m
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.