Permainan Medikar Limai Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Sukoharjo 04
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1890Abstract
Kondisi riil yang terjadi di SDN Sukoharjo 04 Kabupaten Sukoharjo sejak tahun pelajaran 2018/2019 dari hasil asesmen awal pelaksanaan PPK sudah mulai nampak di sekolah namun belum membudaya. Mencermati permasalahan yang timbul dapat dirumuskan masalah yaitu: 1) bagaimanakah meningkatkan PPK melalui permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04? dan 2) bagaimanakah hasil PPK melalui permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04?. Best Practce ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah untuk meningkatkan PPK melalui permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04 dan untuk mengetahui hasil PPK melalui permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04. Strategi yang digunakan untuk mencari solusi pemecahan masalah dengan menggunakan permainan Medikar Limai. Langkah-langkah yang ditempuh melalui tiga tahapan sebagai berikut: tahap asesmen awal; tahap pelaksanaan; tahap evaluasi. Tindakan pada tahap pelaksanaan meliputi PPK berbasis kelas, Implementasi Nilai Utama PPK dan Aktivitas Peseerta didik saat Bermain Medikar Limai. Semua langkah tersebut telah disusun instrumen dan rubrik penilaian yang akan dinilai oleh penulis. Hasil yang dicapai implementasi PPK berbasis kelas dan implementasi 5 nilai utama PPK telah menujukkan peningkatan hasil yang mulanya pelaksanaan PPK sudah mulai nampak di lingkungan sekolah menjadi pelaksanaan PPK sudah membudaya. Aktivitas peserta didik saat bermain Medikar Limai yang telah dilakukan menunjukkan hasil peserta didik mengalami perubahan perilaku yang tadinya mulai berkembang menjadi membudaya. Guru yang semula belum mengintegrasikan lima nilai utama ke dalam rencana pembelajaran kini sudah konsisten untuk mengintegrasikan nilai utama tersebut dalam skenario pembelajaran. Peserta didik yang awalnya belum nampak dalam penanaman lima nilai utama PPK juga telah menujukkan perubahan dengan pembiasaan yang membudaya dan juga terjadinya peningkatan hasil belajar.
Kata-kata Kunci: Medikar Limai, PPK, aktivitas
Downloads
References
Asmani, J. Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press
Badriyah, Nurul. 2018. Pemantapan Dan Penanaman Nilai Dan Sikap Anti Korupsi Pada Anak-Anak Dengan Permainan yang Menyenangkan (Permainan Semai Dari “Gerakan Spak”-Kpk). Jurnal Jurnal Studi Kasus Inovasi Ekonomi. 02 (01): 7-18. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie
Desy Nurlaida Khotimah. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan
Hamzah, Amir. 2019. Etos Kerja Guru Era Industri 4.0. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hary R, Ramdani Z, dan Rahmah B. 2020. Best Ptactice Pendidikan Karakter pada Sekolah Unggulan di Bandung. Indonesian Journal of Education. 02 (01): 61-71. https://doi.org/10.26499/ijea.v3il.61
Ima Wahyu Putri Utami. (2018). Analisis Penerapan PPK Melalui Praktik Ibadah Kelas Rendah SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal JPSD Vol. 5 No. 1
Izzah, Lailatul. 2019. Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Anak untuk Membentuk Karakter Melalui “Semai Games” diMDTA Rabithatul Ulum Pekanbaru. Jurnal Psikologi. 2 (2) : 84-95. http://ojsbimtek.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/748
Kementian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter.Jakarta:TIM PPK Kemendikbud
Kurniawan, Syamsul. 2019. Pendidikan Karakter : Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.https://peraturan.bpk.go.id/
Salirawati, Das. 2018. Smart Teaching:Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
Sundayana,H dan Rostina.2015.Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.Bandung:CV.Alfabeta
Taris, L. dan Mantasiah R. 2016. Implementasi Media Pembelajaran Anti KorupsiBerbasis Gender untuk Menanamkan Nilai-NilaiKejujuran di SD. Indonesian Journal of Education Studies. 19(2): 100-107. https://doi.org/10.26858/ijes.v19i2.3592
Ungguh, J.S. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler: Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.