Permainan Medikar Limai Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Sukoharjo 04

Authors

  • Khosyiatun Khosyiatun

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1890

Abstract

Kondisi riil yang terjadi di SDN Sukoharjo 04 Kabupaten Sukoharjo sejak tahun pelajaran 2018/2019 dari hasil asesmen awal pelaksanaan PPK sudah mulai nampak di sekolah namun belum membudaya. Mencermati permasalahan yang timbul dapat dirumuskan masalah yaitu: 1) bagaimanakah meningkatkan PPK melalui permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04? dan 2) bagaimanakah hasil PPK melalui permainan Medikar Limai  di SD Negeri Sukoharjo 04?. Best Practce ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah untuk meningkatkan PPK melalui  permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04 dan untuk mengetahui hasil  PPK melalui  permainan Medikar Limai di SD Negeri Sukoharjo 04. Strategi yang digunakan untuk mencari solusi pemecahan masalah dengan menggunakan permainan Medikar Limai. Langkah-langkah yang ditempuh melalui tiga tahapan sebagai berikut:  tahap asesmen awal; tahap pelaksanaan; tahap evaluasi. Tindakan pada tahap pelaksanaan meliputi PPK berbasis kelas, Implementasi Nilai Utama PPK dan Aktivitas Peseerta didik saat Bermain Medikar Limai. Semua langkah tersebut telah disusun instrumen dan rubrik penilaian yang akan dinilai oleh penulis. Hasil yang dicapai implementasi PPK berbasis kelas dan implementasi 5 nilai utama PPK telah menujukkan peningkatan hasil yang mulanya pelaksanaan PPK sudah mulai nampak di lingkungan sekolah menjadi pelaksanaan PPK sudah membudaya. Aktivitas peserta didik saat bermain Medikar Limai yang telah dilakukan menunjukkan hasil peserta didik mengalami perubahan perilaku yang tadinya mulai berkembang menjadi membudaya. Guru yang semula belum mengintegrasikan lima nilai utama ke dalam rencana pembelajaran kini sudah konsisten untuk mengintegrasikan nilai utama tersebut dalam skenario pembelajaran. Peserta didik yang awalnya belum nampak dalam penanaman lima nilai utama PPK juga telah menujukkan perubahan dengan pembiasaan yang membudaya dan juga terjadinya peningkatan hasil belajar.

 

Kata-kata Kunci: Medikar Limai, PPK, aktivitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press

Badriyah, Nurul. 2018. Pemantapan Dan Penanaman Nilai Dan Sikap Anti Korupsi Pada Anak-Anak Dengan Permainan yang Menyenangkan (Permainan Semai Dari “Gerakan Spak”-Kpk). Jurnal Jurnal Studi Kasus Inovasi Ekonomi. 02 (01): 7-18. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie

Desy Nurlaida Khotimah. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan

Hamzah, Amir. 2019. Etos Kerja Guru Era Industri 4.0. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Hary R, Ramdani Z, dan Rahmah B. 2020. Best Ptactice Pendidikan Karakter pada Sekolah Unggulan di Bandung. Indonesian Journal of Education. 02 (01): 61-71. https://doi.org/10.26499/ijea.v3il.61

Ima Wahyu Putri Utami. (2018). Analisis Penerapan PPK Melalui Praktik Ibadah Kelas Rendah SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal JPSD Vol. 5 No. 1

Izzah, Lailatul. 2019. Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Anak untuk Membentuk Karakter Melalui “Semai Games” diMDTA Rabithatul Ulum Pekanbaru. Jurnal Psikologi. 2 (2) : 84-95. http://ojsbimtek.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/748

Kementian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter.Jakarta:TIM PPK Kemendikbud

Kurniawan, Syamsul. 2019. Pendidikan Karakter : Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.https://peraturan.bpk.go.id/

Salirawati, Das. 2018. Smart Teaching:Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Sundayana,H dan Rostina.2015.Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.Bandung:CV.Alfabeta

Taris, L. dan Mantasiah R. 2016. Implementasi Media Pembelajaran Anti KorupsiBerbasis Gender untuk Menanamkan Nilai-NilaiKejujuran di SD. Indonesian Journal of Education Studies. 19(2): 100-107. https://doi.org/10.26858/ijes.v19i2.3592

Ungguh, J.S. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler: Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Khosyiatun, K. (2021). Permainan Medikar Limai Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Sukoharjo 04. Jurnal Pendidikan, 30(3), 387–398. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1890

Issue

Section

Artikel