Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Team Assissted Individualization Media Audio Visual Kelas VA SDN Pondok 02 Sukoharjo 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1895Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn materi Memelihara Keutuhan NKRI bagi siswa kelas VA SD Negeri Pondok 02 Grogol Tahun pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan model TAI dengan media audio-visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas VA SD Negeri Pondok 02 Grogol selama 5 (lima) bulan. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: perencanaan; pelaksanaan; observasi; dan refleksi hasil tindakan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan model TAI dengan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn materi memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia bagi siswa kelas VA SD Negeri Pondok 02 Grogol. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan, berupa meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata hasil siswa mengalami peningkatan dari sebesar 65.90 pada kondisi awal, meningkat menjadi 70.19 pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 75.62 pada akhir tindakan Siklus II. Ditinjau dari ketuntasan belajar, tingakt ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 52.38% pada kondisi awal, meningkat menjadi 71.43% pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 95.24% pada akhir tindakan Siklus II.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran PKn, hasil belajar, TAI media audio-visualDownloads
References
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Brookfield, S.D. (2000). Understanding and Facilitating Adult . Jakarta: Pustaka Quantum. Hikmat.
BSNP.(2007). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : BSNP.
Budiyono.(2003). Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS Press.
Depdiknas.(2003). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.
Lie, Anita.(2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Ni Pt Candra Prastya Dewi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar PKn. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1
Ni Putu Diah Utari Dewi.(2014).Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar PKn SD. Mimbar PGSD UNDIKSHAVol 2, No 1.
Ruminiati, (2008). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.
Saptono, Sigit. (2003).Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo
Sharan, Shlomo. (2012). The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.
Siti Aisyah. (2016). Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa Menggunakan Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol.15 No.1, April 2018
Slavin, Robert. (2010). Cooperative Learning. Massachusets: Allyn and Bacon
Sofiah. (2018).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD
Sri Andayani. (2014). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sdn Gadingrejo 01 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2176
Sudjana, Nana. 2007. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Beiajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Sukiman.(2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan.
Susilowati. (2007). Kemandirian-belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Suyitno, Amin. (2002). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Thoha. (2006). Prilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:
Wachid Pranowo. (2016). Memahami Pendekatan dan Habituasi PKn Sebagai Pendidikan Nilai dan Moral Bagi Guru di Sekolah Dasar. Journal.ustjogja.ac.id
Winataputra, Udin, dkk. (2001). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yamin, H. Martinis, dan Bansu I. Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.