Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Team Assissted Individualization Media Audio Visual Kelas VA SDN Pondok 02 Sukoharjo 2018/2019

Authors

  • Budi Utami

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn materi Memelihara Keutuhan NKRI bagi siswa kelas VA SD Negeri Pondok 02 Grogol Tahun pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan model TAI dengan media audio-visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas VA SD Negeri Pondok 02 Grogol selama 5 (lima) bulan. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: perencanaan; pelaksanaan; observasi; dan refleksi hasil tindakan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan model TAI dengan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn materi memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia bagi siswa kelas VA SD Negeri Pondok 02 Grogol. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan, berupa meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata hasil siswa  mengalami peningkatan dari sebesar 65.90 pada kondisi awal, meningkat menjadi 70.19 pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 75.62 pada akhir tindakan Siklus II. Ditinjau dari ketuntasan belajar, tingakt ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 52.38% pada kondisi awal, meningkat menjadi 71.43% pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 95.24% pada akhir tindakan Siklus II.

Kata-kata Kunci: Pembelajaran PKn, hasil belajar, TAI media audio-visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Brookfield, S.D. (2000). Understanding and Facilitating Adult . Jakarta: Pustaka Quantum. Hikmat.

BSNP.(2007). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : BSNP.

Budiyono.(2003). Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS Press.

Depdiknas.(2003). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Lie, Anita.(2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Ni Pt Candra Prastya Dewi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar PKn. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1

Ni Putu Diah Utari Dewi.(2014).Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar PKn SD. Mimbar PGSD UNDIKSHAVol 2, No 1.

Ruminiati, (2008). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.

Saptono, Sigit. (2003).Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo

Sharan, Shlomo. (2012). The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.

Siti Aisyah. (2016). Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa Menggunakan Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol.15 No.1, April 2018

Slavin, Robert. (2010). Cooperative Learning. Massachusets: Allyn and Bacon

Sofiah. (2018).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD

Sri Andayani. (2014). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sdn Gadingrejo 01 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2176

Sudjana, Nana. 2007. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Beiajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Sukiman.(2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan.

Susilowati. (2007). Kemandirian-belajar. Jakarta: Rineka cipta.

Suyitno, Amin. (2002). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Thoha. (2006). Prilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:

Wachid Pranowo. (2016). Memahami Pendekatan dan Habituasi PKn Sebagai Pendidikan Nilai dan Moral Bagi Guru di Sekolah Dasar. Journal.ustjogja.ac.id

Winataputra, Udin, dkk. (2001). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yamin, H. Martinis, dan Bansu I. Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Utami, B. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Team Assissted Individualization Media Audio Visual Kelas VA SDN Pondok 02 Sukoharjo 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 30(3), 409–420. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1895

Issue

Section

Artikel