Dampak Pembelajaran Daring dalam Motivasi Belajar dan Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • meidawati suswandari Univrsitas Veteran Bangun Nusantara
  • Ika Novrianti Maha Putri
  • Dhimas Hastowo
  • Hapsari Ayuning Lestari

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2135

Abstract

ujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring dalam motivasi belajar dan tingkat stres akademik selama pandemi covid-19. Sejalan dengan metode yang dipakai, maka teknik pengumpulan data yang tepat digunakan untuk penelitian ini adalah teknik dokumenter artinya data dikumpulkan melalui dokumen-dokumen seperti yang dimaksud sebagai bahan pustaka. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan perpustakaan elektronik, seperti internet, dan google scholar.  Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang bersifat tekstual yakni berupa pandangan dan pemikiran yang berada dalam bahan pustaka yang dimaksud. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran daring, motivasi belajar dan stress siswa. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis anotasi bibliografi (annotated bibliography). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merombak pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas. Ketika siswa belajar daring adalah menggunakan laptop dan android dalam mengakses ruang belajar dan link penugasan terkesan monoton dan membosankan karena membuat jenuh siswa saat belajar dari rumah. Hal inilah memunculkan motivasi belajar siswa yang rendah. Efek dari penugasan dan rendahnya motivasi belajar siswa ini pada akhirnya muncul pada stress akademik siswa. Stres akademik berkaitan dengan kegagalan dalam akademik.

References

Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Ayusi Perdana Putri, Rennita Setya Rahhayu, Meidawati Suswandari, P. A. R. N. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD N Sugihan 03 Bendosari. Jurnal Prima Magistra, 2(1), 1–8.

Dits Prasanti, D. R. F. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454

Mahmud & Ayun. (2021). Stress, Koping dan Adaptasi Teori dan Pohon Masalah Keperawatan. Jurnal Indigenous, 1(2), 29–39.

Nopianti. (2018). Pembelajaran online. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Novalina, F. (2020). Analisis Pengujian Kecepatan Akses Data Provider Gsm Pada Pengguna Smartphone Android Di Kota Batam. 1–21. https://doi.org/10.31219/osf.io/w8qd2

Noviyanti, D. W. (2021). Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(1), 1679–1685.

Nugraha, A.S, Laksono, B, Anarsih, R & Suswandari, M. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding, 1(2), 30–38.

Nur, L., & Mugi, H. (2021). Tinjauan Literatur Mengenai Stres Dalam Organisasi. Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30.

Oktariani, I. S., Sofah, R., & Putri, R. M. (2021). Tingkat Stress Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring pada Periode Pandemi Covid-19. Journal of Learning and Instructional Studies, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.46637/jlis.v1i1.3

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Razaf, Y., Simbolon, E., Stevanus, H., & Wahyuni, D. (2021). Pengaruh pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 terhadap tingkat stress akademik mahasiswa fakultas teknik Universitas Bangka Belitung. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat 2021, 19–23.

Ria Puspita Sari, Nabila Bunnanditya Tusyantari, dan M. S. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Jurnal Prima Magistra, 2(1), 9–15.

Rudiansyah , Amirullah, M. Y. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa Di Smp Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1, 96–109.

Safarati, R. N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi. Genta Mulia, XII(1), 113–118.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. Ibtida’, 1(2), 229–241. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.155

Setiana, L. N., Supriyatn, T., Islam, U., Agung, S., Semarang, U. N., & Webinar, M. (2021). Inovasi pembelajaran bahasa indonesia daring berbasis mini webinar. Jurnal Metamorfosa, 9(1), 1–13.

Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Sobron Adi Nugraha, T. S. & M. S. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3).

Suswandari, M. (2021). Eksistensi Wayang Suket Sebagai Identitas Budaya Kota Satria. Journal of Language Education, Literature, and Local Culture, 12(1), 2657–1625. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/kawruh/index

Suswandari, M., & Rahman, M. K. (2021). Baby Boom dalam Perspektif Demografis dan Sosiologis. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i1.41053

Taradisa, Nidia., Jarmita, Nida., E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi COvid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1(1), 23.

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

suswandari, meidawati, Putri, I. N. M., Hastowo, D., & Lestari, H. A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring dalam Motivasi Belajar dan Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 31(1), 83–94. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2135

Issue

Section

Artikel