Peningkatan Motivasi dan Kompetensi Guru Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example Melalui Supervisi Akademik

Authors

  • juwari juwari

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example melalui penerapan supervisi akademik bagi guru kelas di SD Negeri 1 Panggang Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019.  Tempat penelitian di SD Negeri 1 Panggang Jepara. Subjek penelitian adalah  guru kelas 1,2, 3, 4, 5, dan 6 dengan jumlah 6 orang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik mampu membantu kepala sekolah meningkatkan motivasi dan kompetensi guru  menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example,  bagi guru kelas di SD Negeri 1 Panggang Jepara tahun pelajaran  2018/2019. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan kondisi awal sampai siklus II. Nilai motivasi guru dalam menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example  dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. G. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Suatu Pengantar. FIP Undiksha Singaraja.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Sinar Grafika.

Arman, A. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN. Manajemen Pendidikan, I(1), 55–62.

Daryanto. (2015). Supervisi Pembelajaran. Gava Media.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Dius, E. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Pada SD Binaan di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 131–139.

Herdiana, B., & Palopo, U. C. (2010). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Volume 4 Nomor 2 ISSN 2443-3667. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 4(2), 157–172.

Hidayat, A., & Machali, H. (2012). Pengelolaan Pendidikan. Konsep, Prinsip, dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukaba.

Karwati, & Priansa. (2013). Kinerja dan Profesionalisme: Membangun Sekolah yang Bermutu. Alfabeta.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. PT. Bumi Aksara.

Purnamaraya, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Pada Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di Sd Negeri 45 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(2), 49–58. https://doi.org/10.33394/jp.v6i2.2531

Sinaga, A. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE. Jurnal Global Edukasi, 1(6), 687–692. https://doi.org/10.37905/aksara.4.2.91-100.2018

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Suprijono. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

juwari, juwari. (2022). Peningkatan Motivasi dan Kompetensi Guru Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan, 31(1), 95–108. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2216

Issue

Section

Artikel