Pencapaian Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kelas XII RPL Mata Pelajaran PBO Setelah Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3312Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana kompetensi siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak, pada mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek setelah pandemi. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, data yang didapat dari penelitian akan dideskripsikan. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan tes. Subjek penelitian peserta didik kelas 12 jurusan RPL di SMK Negeri 1 Tengaran. Teknik sampelnya menggunakan teknik systematic Random Sampling. Analisis datanya menggunakan tabulasi data, selanjutnya menganalisis data. Peneliti lebih menitik pada seberapa besar kompetensi peserta didik SMK negeri 1 Tengaran dan tidak melihat secara mendalam aspek statistik. Maka penelitian ini data dianalisis dan dideskripsikan di presentasi. Hasil dari penelitian, Rata-rata yang didapat peserta didik yang terpilih menggunakan Systematic Random Sampling interval, setiap kelas ada 10 anak. Presentasi hasil Penelitian sebesar 73,24% yang masuk kedalam kriteria kategori kompeten.
Downloads
References
Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.
Haag, Stephe, dan Keen Peter. 1996. Information Technology, Tommorrow’s Advantage Today. New York: McGraw-Hill.
Martin, E. Wainright, dkk. 1999. Managing Information Technology What Managers Need to Know. 3 th Edition New Jersey: Pearson Education International.
Amin kuneifi, Elfachmi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
S. Azwar. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi, Y. (2011). Semua Bisa Menjadi Programer Android Basic, Mengenal Java dan Android. Jakarta: Penerbit Buku Elex Media Komputindo.
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, Galih. 2016. Relevansi Kompetensi Siswa Smk Bidang Keahlian Teknik Pemesinan Dengan Kompetensi Yang Dicapai Di Dunia Usaha Dan Industri (Dudi). http://lib.unnes.ac.id/27505/1/5201409118.pdf.
Yulianto, Haris. 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai Tahun Pelajaran 2019/2020. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3419/.
Ardiansyah, Indra. 2019. Kompetensi Siswa Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 5 Kendal Memasuki Dunia Kerja Dalam Bidang Web Programming. http://lib.unnes.ac.id/18884/.
Adya, Nadifah. Naziro. 2019. Implementasi Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Pada Aplikasi Sistem Parkir Menggunakan Bahasa Pemrograman. Java Pendidikan Kimia, Vol 13, No. 2, 2019, Hal 2395 – 2403. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/28293
Dwi Nugroho, Irawan. Sujatmiko,Bambang. 2019. Pengembangan Aplikasi Search Engine Java Berbasis Android Dengan Algoritma Elasticsearch Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Pada Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Jurnal IT-EDU. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2019, Hal 156-163. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/29517/27038/
Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 266 Tahun 2019. Unit Desainer Multimedia Muda. j.620100.005.02. Tentang Mengimplementasikan User Interface.
keputusan direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah. 330/d.d5/kep/kr/2017. KI dan KD SMK. Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.
Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.
Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.