Pencapaian Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kelas XII RPL Mata Pelajaran PBO Setelah Pandemi

Authors

  • Sri Muamanah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Adriyanto Juliastomo Gundo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3312

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana kompetensi siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak, pada mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek setelah pandemi. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, data yang didapat dari penelitian akan dideskripsikan. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan tes. Subjek penelitian peserta didik  kelas 12 jurusan RPL di SMK Negeri 1 Tengaran. Teknik sampelnya menggunakan teknik systematic Random Sampling. Analisis datanya menggunakan  tabulasi data, selanjutnya menganalisis data. Peneliti lebih menitik pada seberapa besar kompetensi peserta didik SMK negeri 1 Tengaran dan tidak melihat secara mendalam aspek statistik. Maka penelitian ini data dianalisis dan  dideskripsikan  di presentasi. Hasil dari penelitian, Rata-rata yang didapat peserta didik yang terpilih menggunakan Systematic Random Sampling interval,  setiap kelas ada 10 anak. Presentasi hasil Penelitian sebesar 73,24% yang masuk kedalam kriteria kategori kompeten.

References

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Haag, Stephe, dan Keen Peter. 1996. Information Technology, Tommorrow’s Advantage Today. New York: McGraw-Hill.

Martin, E. Wainright, dkk. 1999. Managing Information Technology What Managers Need to Know. 3 th Edition New Jersey: Pearson Education International.

Amin kuneifi, Elfachmi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

S. Azwar. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi, Y. (2011). Semua Bisa Menjadi Programer Android Basic, Mengenal Java dan Android. Jakarta: Penerbit Buku Elex Media Komputindo.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, Galih. 2016. Relevansi Kompetensi Siswa Smk Bidang Keahlian Teknik Pemesinan Dengan Kompetensi Yang Dicapai Di Dunia Usaha Dan Industri (Dudi). http://lib.unnes.ac.id/27505/1/5201409118.pdf.

Yulianto, Haris. 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Ahmad Dahlan Sukadamai Tahun Pelajaran 2019/2020. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3419/.

Ardiansyah, Indra. 2019. Kompetensi Siswa Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 5 Kendal Memasuki Dunia Kerja Dalam Bidang Web Programming. http://lib.unnes.ac.id/18884/.

Adya, Nadifah. Naziro. 2019. Implementasi Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Pada Aplikasi Sistem Parkir Menggunakan Bahasa Pemrograman. Java Pendidikan Kimia, Vol 13, No. 2, 2019, Hal 2395 – 2403. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/28293

Dwi Nugroho, Irawan. Sujatmiko,Bambang. 2019. Pengembangan Aplikasi Search Engine Java Berbasis Android Dengan Algoritma Elasticsearch Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Pada Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Jurnal IT-EDU. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2019, Hal 156-163. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/29517/27038/

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 266 Tahun 2019. Unit Desainer Multimedia Muda. j.620100.005.02. Tentang Mengimplementasikan User Interface.

keputusan direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah. 330/d.d5/kep/kr/2017. KI dan KD SMK. Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Muamanah, S., & Gundo, A. J. (2023). Pencapaian Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kelas XII RPL Mata Pelajaran PBO Setelah Pandemi. Jurnal Pendidikan, 32(1), 43–52. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3312

Issue

Section

Artikel