Peran Supervisi Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Balikpapan

Authors

  • Prita Indriawati Balikpapan University
  • Ganjar Susilo
  • Ismail Abdul Quddus Balikpapan University
  • Fikri Ramadhan Balikpapan University

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana cara meningkatkan kinerja guru dalam tanggung jawabnya di sekolah. Juga, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana setiap sekolah melaksanakan kegiatan supervisi sesuai kondisi setiap sekolah. Metode penelitian kualitatif menjadi pilihan metode untuk mengumpulkan berbagai informasi sebagai penunjang penelitian. Dengan mengambil informasi melalui wawancara dan teori-teori yang membantu dalam pembentukkan gagasan pada penelitian ini. Setiap guru diharuskan untuk mengikuti suatu kegiatan yang akan berdampak baik untuk institusi Pendidikan. Salah satu kegiatannya yaitu kegiatan supervisi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa supervisi di SMPN 3 Balikpapan secara pelaksanaannya, kepala sekolah tidak ikut dalam kegiatan supervisi, tetapi kepala sekolah membentuk sebuah tim yang akan ikut andil dalam pelaksanaan supervisi. Cara ini dianggap efektif karena kepala sekolah masih bisa fokus untuk menjalankan tugasnya sebagai pengelola sekolah dan tidak terlalu terbebani dengan kegiatan supervisi. Karena itu, kegiatan ini dinamakan kegiatan Supervisi Internal. Kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik dalam peningkatan kinerja guru. Dengan menganalisis hasil kegiatan dan secara langsung menerapkannya ke dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai upaya peningkatan kinerja, kegiatan supervisi harus dilaksanakan konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan terkhusus kinerja guru.

Author Biographies

Prita Indriawati, Balikpapan University

Lecturer at Balikpapan University

Ismail Abdul Quddus, Balikpapan University

Student In Faculty of Teacher Training and Education at Balikpapan University

Fikri Ramadhan, Balikpapan University

Student In Faculty of Teacher Training and Education at Balikpapan University

References

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Daresh, J. C. (2001). Supervision as Proactive Leadership (3rd ed.). Waveland Press.

Harris, B. M. (1985). Supervisory behavior in education. Prentice Hall.

Hasibuan, M. (2005). Manajemen sumber daya manusia (10th ed.). Bumi Aksara.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Society, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734

Kodariah, W. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(2), 86–95. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5639

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademis Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manjemen Pendidikan, 8(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.

Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rifai, M. M. (1982). Supervisi Pendidikan (2nd ed.). Jemmars.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (1st ed.). Rineka Cipta.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Slameto. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–216. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Tirtarahardja, U., & La Sulo, S. L. (2010). Pengantar Pendidikan (Revised). Rineka Cipta.

Wagiran. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi (1st ed.). Deepublish.

Wahyudi, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulita.

Wesnedi, C., Hasibuan, L., Us Uin, K. A., Thaha, S., & Jambi, S. (2021). Supervisi Pendidikan Dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.407

Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 11(4), 304–311. https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3291

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Indriawati, P., Susilo, G., Quddus, I. A., & Ramadhan, F. (2023). Peran Supervisi Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 75–82. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3383

Issue

Section

Artikel