Penggunaan Modelpembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik pada Konsep Pencernaan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.348Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran learningcycle dalam meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Gemolong- Kabupaten Sragendalam mata pelajaran Biologi pada konseppencernaan .Penelitian ini adalah penilitian korelasi kuantitatf. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik observasi dan teknik test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan membandingkan hasil test siklus 1 dengan test berikutnya sebagai target keberhasilan pembelajaran Biologi pada konsep pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran biologi materi pencernaan yang dilakukan guru kepada peserta didik melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle ditempuh dalam empat langkah yakni (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observation); dan (4) refleksi, ada hubungan / korelasi positif dalam meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik dimana diketahui bahwa siklus 2 lebih baik daripada siklus 1. Pada grafik 1 terlihat bahwa pada siklus 1pertemuan 1, jumlah peserta didik yang mengalami tuntas belajar mencapai50%, sedangkan yang masih belum tuntas sebanyak 50%. Pada siklus 1 pertemuan 2, peserta didik yang sudah mencapai KKM adalahmengalami peningkatan. Hasil tersebut lebih jelasnya tampak pada grafik 4.2 hasil Belajar Peserta didik Siklus 1 Pertemuan 2, jumlah peserta didik yang mengalami tuntas belajar mengalamipeningkatan, yaitu 78% peserta didik mengalami ketuntasan darisebelumnya hanya 50%, sedangkan yang masih belum tuntas mengalamipenurunan sebanyak 50% menjadi 22%. Dengan katalain proses pembelajaran pada siklus 1 pertemuan 2 mengalamipeningkatan.
Downloads
References
Abin Syamsudin, (1984). Psikologi Pendidikan.Bandung: Gramodel . Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BSNP. Hidayat, Kosadi. (1990). Perencanaan Pengajaran Bandung : Bina Cipta. Mulyasa, E. (2003).Perencananan Pembelajaran, Pengembangan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Natawijaya. (1980). Lingkungan Pendidikan.Bandung :Algensindo. Purwanto. (1985). Model Belajar Mengajar. Bandung: Gramodel Slameto. (1988). Belajar dan dan Pembelajaran. Bandung: Gramodel Subana. (2001). Model Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia. Sudjana (1989). Penilaian dan Penelitiandalam Pendidikan. Bandung: SinarBaru. Sujiratno, Widianto, dan Supriyana Yulius. (2004).. Sain Biologi untuk SMA KelasX.Semarang : Aneka Ilmu. Sukidin. (2002). Belajar dan Pembelajaran..Bandung: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.