Penggunaan Modelpembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik pada Konsep Pencernaan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Agus Riadi Guru SMA Negeri 1 Gemolong

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.348

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran learningcycle dalam meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Gemolong- Kabupaten Sragendalam mata pelajaran Biologi pada konseppencernaan .Penelitian ini adalah penilitian korelasi kuantitatf. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik observasi dan teknik test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan membandingkan hasil test siklus 1 dengan test berikutnya sebagai target keberhasilan pembelajaran Biologi pada konsep pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran biologi materi pencernaan yang dilakukan guru kepada peserta didik melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle ditempuh dalam empat langkah yakni (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observation); dan (4) refleksi, ada hubungan / korelasi positif dalam meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik dimana diketahui bahwa siklus 2 lebih baik daripada siklus 1. Pada grafik 1 terlihat bahwa pada siklus 1pertemuan 1, jumlah peserta didik yang mengalami tuntas belajar mencapai50%, sedangkan yang masih belum tuntas sebanyak 50%. Pada siklus 1 pertemuan 2, peserta didik yang sudah mencapai KKM adalahmengalami peningkatan. Hasil tersebut lebih jelasnya tampak pada grafik 4.2 hasil Belajar Peserta didik Siklus 1 Pertemuan 2, jumlah peserta didik yang mengalami tuntas belajar mengalamipeningkatan, yaitu 78% peserta didik mengalami ketuntasan darisebelumnya hanya 50%, sedangkan yang masih belum tuntas mengalamipenurunan sebanyak 50% menjadi 22%. Dengan katalain proses pembelajaran pada siklus 1 pertemuan 2 mengalamipeningkatan.

References

Abin Syamsudin, (1984). Psikologi Pendidikan.Bandung: Gramodel . Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BSNP. Hidayat, Kosadi. (1990). Perencanaan Pengajaran Bandung : Bina Cipta. Mulyasa, E. (2003).Perencananan Pembelajaran, Pengembangan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Natawijaya. (1980). Lingkungan Pendidikan.Bandung :Algensindo. Purwanto. (1985). Model Belajar Mengajar. Bandung: Gramodel Slameto. (1988). Belajar dan dan Pembelajaran. Bandung: Gramodel Subana. (2001). Model Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia. Sudjana (1989). Penilaian dan Penelitiandalam Pendidikan. Bandung: SinarBaru. Sujiratno, Widianto, dan Supriyana Yulius. (2004).. Sain Biologi untuk SMA KelasX.Semarang : Aneka Ilmu. Sukidin. (2002). Belajar dan Pembelajaran..Bandung: Rineka Cipta

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Riadi, A. (2019). Penggunaan Modelpembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Peserta Didik pada Konsep Pencernaan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 28(2), 205–216. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.348

Issue

Section

Artikel