Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan

Authors

  • Muhamad Toto Atoillah
  • Ferianto Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3485

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) berperan penting dalam mewujudkan program wajib belajar 9 tahun. Keberagaman latar belakang siswa di sekolah baik sosial, budaya, suku, maupun ekonomi menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Pendidikan multikultural dirasa sangat penting untuk pembentukan karakter kebangsaan siswa di Sekolah. Desain penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi. Analisis data terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa SMP N 1 Pangkalan sudah dilaksanakan dengan maksimal melalui pendidikan agama islam dengan kegiatan belajar mengajar di kelas dan diintegrasikan dengan kegiatan di luar kelas seperti shalat berjama’ah, kerja bakti, memasak bersama saat perayaan hari raya qurban, lomba menghias kelas, program pergantian pengurus kelas setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ekstrakurikuler seperti kesenian, olahraga, dan pramuka. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rahman Assegaf (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pres.

Abdul Majid dan Dian Andayani (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah Aly (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali, D. (1989). Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum Sosial Politik . Jakarta: Bulan Bintang.

Ali, M. S. (2008). Jangan Mudah Memvonis Salah, Terj. Amar Syarifudin. Solo: Media Islamika.

Amien, S. (2015). Risalah Dakwah Ustadz Shiddiq Amien. Garut: Karima.

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Astiyanto, H. (2012). Filsafat Jawa. Yogyakarta: Warta Pustaka.

Awaru, A. O. T. (2016). Membangun Karakter Bangsa melalui Pendiidkan Berbasis Multikultural di Sekolah, Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global,” 10. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/download/2747/1489

Banks, J. (1993). Multicultural Education: Historical Development, Dimension, and Practice. Review of Research in Education.

Buchori, M. (2007). Pendidikan Multikultural. (Fri, 12 Januari 2007).

Djam’an Satori & Aan Komariah (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,.

Doni Koesoema A (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Fatchul Mu’in (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Hasan Basri (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah (2013), Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Havilland, W. A. (1988). Antropologi edisi keempat jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin Media Dialektika Ilmu Islam , Volume 7 Nomor 1, 129.

Isparwoto. (2016). “Peran Pendidikan Multikultural dalam Membangun Budaya dan Karakter Bangsa”. JPPKN, vol. 1 No. 8 https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/30

Katsir, I. (2013). Tafsir Ibnu Katsir, Terj. Abdul Ghoffar. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Lickona, T. (1992). Educanting for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Batam book, New York.

Lie, A. (2006). Mengembangkan Model Pendidikan Multikultural. (Harian Kompas, diakses tanggal 9 Januari 2006).

Najmina, N. (2018). “Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. JUPIIS”: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, vol 10. No.https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis

Sonhadji K. H., A. (2003). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Multikultural Makalah Dipresentasikan dalam Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KITNAS) VIII 2003. Jakarta:Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Bekerjasama dengan DIKTI- Depdiknas.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113–120. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3485

Issue

Section

Artikel