Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Muhammad Iqbal Lutfio Universitas Ahmad Dahlan
  • Fajarullah Kapitang Universita Ahmad Dahlan
  • Muhammad Ilham Wijaya Universitas Ahmad Dahlan
  • Yulia Luthfiyani Azizah Universitas Ahmad Dahlan
  • Difa’ul Husna Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3489

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui teknologi apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Teknologi yang digunakan oleh anak berkebutuhan khusus tentunya telah melewati serangkaian modifikasi sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik oleh peserta didik yang memiliki  keterbatasan khusus yang sesuai dengan karakteristiknya. Contoh teknologi yang dapat digunakan oleh peserta didik berkebutuhan khusus dalam kegiatan pembelajaran adalah Screen Reader, I-Chat dan JAWS. Selain melakukan penyesuain penggunaan teknologi pada peserta didik, guru juga harus bisa memanfaatkan serta menggunakan teknologi yang digunakan oleh peserta didik dengan kebutuhan khusus. Metode penelitian kepustakaan digunakan dalam penulisan jurnal ini. Metode literatur memiliki rangkaian penelitian yang dimulai dari pengumpulan bahan penelitian hingga pengolahan penelitian. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldriyan, A. A., & Amini, S. (2020). Penerapan Metode Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Skanika, 3(4), 1–6. http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/article/view/2206/1097

Andarwati, M., & Amrullah, F. (1991). Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus ( Abk ) Di Sekolah Inklusi Abk River Kids Dan. 2(1), 1–63.

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Ariyanto Dedy. (2017). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusi. Academia, 383–384.

Azizah, I. (2022). Metode Pengajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB). Jurnal Pendidikan, 11(1), 54–63.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Judithia, D. (2019). Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 54–69. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1558/

Mayangsari, Mayangsari, I., Salsabila, U. H., Tari, Zulaikha, I. R., Dewi, & Aprita, F. (2020). Pendidikan Teknologi di Sekolah Inklusi pemerintah telah menyediakan fasilitas pendidikan yang khusus untuk anak anak tanpa diskriminasi dimana disekolah ini anak-anak dapat belajar. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 7, 278–285. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v8i2.2195

Perianto, E., Rianto, R., Pranowo, T. A., Noormiyanto, F., Hidayat, L., & Ciptadi, P. W. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tunanetra (Aptun) Berbasis Teknologi Asistif Untuk Pencarian Konten Pembelajaran Mahasiswa Tunanetra. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 147–154. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1208

Rosita, T., Rochyadi, E., & Sunardi. (2020). Teknologi Asistif Dalam Pendidikan Inklusif. Journal of Elementary Education, 3(6), 301–307.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Lutfio, M. I., Kapitang, F., Wijaya, M. I., Azizah, Y. L., & Husna, D. (2023). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan, 32(1), 121–128. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3489

Issue

Section

Artikel