Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3564Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, dengan jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 22 Padang yang berjumlah 31 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar posttest siswa sebesar 82,96. Hasil Uji N-Gain dengan skor 0,45. Hal itu menunjukkan bahwa model pembelajaran Proyek Belajar Karakter memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang.
Downloads
References
Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. JURNAL PENDIDIKAN, 30(3), 399–408. https://doi.org/10.32585/JP.V30I3.1753
Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & Mcclure, A. (2008). Effects of Graphing First 0 The Effects of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques.
Bintang, R., Setia, J., Zahar, E., & Rahima, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA LAGU POP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN REALIS SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 183–191. https://doi.org/10.33087/AKSARA.V2I1.48
Budimansyah, D. (2021). PROYEK BELAJAR KARAKTER. Widya Aksara Press.
Budimansyah, D., & Winatraputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional... - Google Scholar. Widya Aksara Press. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pendidikan+Kewarganegaraan+dalam+Perspektif+Internasional%3A+Konteks%2C+Teori%2C+dan+Profil+Pembelajaran&btnG=
Fauzi, R. A., & Wikanengsih, W. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 1029–1042. https://doi.org/10.22460/P.V2I6P
Hertanty, A., Sumiati, T., & Wulan, N. S. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 775–784. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1942
Janah, S., Wikanengsih, W., & Fauziya, D. S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KARAWANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(4), 637–644. https://doi.org/10.22460/P.V1I4P637-644.1261
Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kurnia, T. (2018, August 14). Keahlian Menulis Makin Penting di Dunia Kerja, Simak 3 Tipsnya - Bisnis Liputan6.com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3614941/keahlian-menulis-makin-penting-di-dunia-kerja-simak-3-tipsnya
Layal, N., Effendi, D., & Puspita, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. INDONESIAN RESEARCH JOURNAL ON EDUCATION, 2(3), 1160–1167. https://doi.org/10.31004/IRJE.V2I3.127
Murahmanita, M., Nasrah, S., & Trisfayani, T. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI SMKS ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 109–117. https://doi.org/10.29103/JK.V1I1.3407
Nurosidah, N. (2022, April 15). Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Pembiasaan Membaca | RADARSEMARANG.ID. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/04/15/meningkatkan-keterampilan-menulis-dengan-pembiasaan-membaca/
Romadhon, W., Dido Evandra, E., & Ratnuswantoro, dan R. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Hasil Observasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.25273/LINGUISTA.V4I2.6040
Sunarsih, E., Adelina, S., & Yanti, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singkawang Tahun Ajaran 2017/2018. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 89. https://doi.org/10.26737/JP-BSI.V3I2.737
Suryam, S. (2021, July 19). Amcerda Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa | RADARSEMARANG.ID. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/07/19/amcerda-meningkatkan-keterampilan-menulis-siswa/
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Tya, S. A., Mulyaningsih, I., & Nuryanto, T. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 77–99. https://doi.org/10.30659/J.7.1.77-99
UMY. (2011, January). Metode Pengajaran Konvensional sebabkan siswa kurang berpikir kritis – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://www.umy.ac.id/metode-pengajaran-konvensional-sebabkan-siswa-kurang-berpikir-kritis
Wati, M. L. K., Haryadi, & Haryati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. GERAM, 10(1), 109–116. https://doi.org/10.25299/GERAM.2022.VOL10(1).9283
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25625
Yusuf, M. Y. (2020, March 14). Beberapa Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja. https://www.idxchannel.com/milenomic/beberapa-hard-skill-yang-dibutuhkan-di-dunia-kerja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.