Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Authors

  • Sufi Rizalda Universitas Negeri Padang
  • Nursaid Nursaid Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3564

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, dengan  jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 22 Padang yang berjumlah 31 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar posttest siswa sebesar 82,96. Hasil Uji N-Gain dengan skor 0,45. Hal itu menunjukkan bahwa model pembelajaran Proyek Belajar Karakter memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang.

References

Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. JURNAL PENDIDIKAN, 30(3), 399–408. https://doi.org/10.32585/JP.V30I3.1753

Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & Mcclure, A. (2008). Effects of Graphing First 0 The Effects of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques.

Bintang, R., Setia, J., Zahar, E., & Rahima, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA LAGU POP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN REALIS SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 183–191. https://doi.org/10.33087/AKSARA.V2I1.48

Budimansyah, D. (2021). PROYEK BELAJAR KARAKTER. Widya Aksara Press.

Budimansyah, D., & Winatraputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional... - Google Scholar. Widya Aksara Press. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pendidikan+Kewarganegaraan+dalam+Perspektif+Internasional%3A+Konteks%2C+Teori%2C+dan+Profil+Pembelajaran&btnG=

Fauzi, R. A., & Wikanengsih, W. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 1029–1042. https://doi.org/10.22460/P.V2I6P

Hertanty, A., Sumiati, T., & Wulan, N. S. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 775–784. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1942

Janah, S., Wikanengsih, W., & Fauziya, D. S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KARAWANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(4), 637–644. https://doi.org/10.22460/P.V1I4P637-644.1261

Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kurnia, T. (2018, August 14). Keahlian Menulis Makin Penting di Dunia Kerja, Simak 3 Tipsnya - Bisnis Liputan6.com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3614941/keahlian-menulis-makin-penting-di-dunia-kerja-simak-3-tipsnya

Layal, N., Effendi, D., & Puspita, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. INDONESIAN RESEARCH JOURNAL ON EDUCATION, 2(3), 1160–1167. https://doi.org/10.31004/IRJE.V2I3.127

Murahmanita, M., Nasrah, S., & Trisfayani, T. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI SMKS ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 109–117. https://doi.org/10.29103/JK.V1I1.3407

Nurosidah, N. (2022, April 15). Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Pembiasaan Membaca | RADARSEMARANG.ID. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/04/15/meningkatkan-keterampilan-menulis-dengan-pembiasaan-membaca/

Romadhon, W., Dido Evandra, E., & Ratnuswantoro, dan R. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Laporan Hasil Observasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.25273/LINGUISTA.V4I2.6040

Sunarsih, E., Adelina, S., & Yanti, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singkawang Tahun Ajaran 2017/2018. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 89. https://doi.org/10.26737/JP-BSI.V3I2.737

Suryam, S. (2021, July 19). Amcerda Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa | RADARSEMARANG.ID. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/07/19/amcerda-meningkatkan-keterampilan-menulis-siswa/

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Tya, S. A., Mulyaningsih, I., & Nuryanto, T. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 77–99. https://doi.org/10.30659/J.7.1.77-99

UMY. (2011, January). Metode Pengajaran Konvensional sebabkan siswa kurang berpikir kritis – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://www.umy.ac.id/metode-pengajaran-konvensional-sebabkan-siswa-kurang-berpikir-kritis

Wati, M. L. K., Haryadi, & Haryati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. GERAM, 10(1), 109–116. https://doi.org/10.25299/GERAM.2022.VOL10(1).9283

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25625

Yusuf, M. Y. (2020, March 14). Beberapa Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja. https://www.idxchannel.com/milenomic/beberapa-hard-skill-yang-dibutuhkan-di-dunia-kerja

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Rizalda, S., & Nursaid, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Jurnal Pendidikan, 32(1), 129–138. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3564

Issue

Section

Artikel