Validity test e-module Proses Produksi Furnitur to optimize interactive learning student

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3584

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul Proses Produksi Furnitur sebagai sarana pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan four-D dalam penyusunan e-modul. Sedangkan metode yang digunakan untuk menguji kelayakan e-modul adalah dengan analisis deskriptif dengan subjek penelitian 1 orang ahli konten/materi, 2 orang parktisi/dosen pengampu, serta 25 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuosioner skala penilaian produk. Jenis data terdiri dari data kuantitas berupa angka–angka skala likert dari kuosioner dan data kualitatif berupa kritik dan saran pada lembar kuosioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis reflektif. Penilaian oleh ahli konten/materi menunjukkan bahwa e-modul yang telah disusun dinyakatan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi dengan rata–rata persentase sebesar 94,23 %.  Penilaian oleh praktisi/dosen pengampu dinyatakan sangat valid dengan rata–rata persentase sebesar 95,6 %, dan uji coba pada mahasiswa yang berjumlah 25 mahasiswa dinyatakan sangat valid dengan rata–rata persentase sebesar 94,38 %. Berdasarkan penilaian dari beberapa validator, yaitu 1 ahli konten/materi, 2 praktisi, dan 25 mahasiswa secara umum kesimpulan yang diperoleh yaitu produk  e-modul dinyatakan valid dengan rata persentase sebesar 94,75 %. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmadani, F., & Syahroni, M. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Berbasis Hots. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 279–288. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1293

Handayani, W., & Agustina, Tri, W. (2021). Menulis Bahan Ajar IPA Berbasis STREM. In Repository.Uin-Suska.Ac.Id. http://repository.uin-suska.ac.id/26740/1/Haki Buku Genealogi Intelektual Melayu Tradisi Pemikiran Islam Abad ke 19 di Kerajaan Riau Lingga.pdf

Huda, A., Rukun, K., Hartanto, S., & Lubis, U. H. (2019). Design of Interactive Learning Graphic Design Based Tutorial Classic. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) Design, 299(Ictvet 2018), 218–222. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.49

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1).

Inanna, Nurjannah, Ampa, A. ., & Nurdiana. (2021). Modul Elektronik ( E-Modul ) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Ma’rifah, U., & Wulandari, R. I. (2013). Using Interactive Video To Improve Students Motivation in Learning English. Journal of Language Teaching and Research, 17(2), 81–87.

Munir. (2008). Kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Nurfitri, W., & Darmawan, D. (2022). Application of PowerPoint Interactive Media to Improve Student Activities and Learning Outcomes. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(02), 81–90.

Pradono, S., Astriani, M. S., & Moniaga, J. (2013). A method for interactive learning. International Journal of Communication & Information Technology (CommIT) Http://Msi.Binus.Ac.Id/Commit/, 7(2).

Prasetyo, M. . (2020). Modul Elektronik sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. ICO EDUSHA.

Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Gusti, W. (2021). Pengembangan Modul Mata Kuliah Struktur Kayu Materi Sambungan Kayu Berbasis Pjbl. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 3(2).

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group.

Sholikhah, R., Krisnawati, M., & Sudiyono. (2019). Effectiveness of the Use of Interactive Video Learning Media in Fashion Technology Courses. 1st Vocational Education International Conference, 379(Veic), 172–176. https://doi.org/10.2991/assehr.k.191217.029

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunismi, & Fathani, A. . (2016). Uji Validasi e-modul Matakuliah Kalkukus 1 untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning dan Individual Learning. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2).

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Thiagarajan. (1974). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in (Issue Mc). Indiana University.

Wei. Bao. (2020). Covid-19 and Online teaching in higher education : A Case Study of Peking University. Hum Behav & Emerg Tech, 2.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Damastuti, P., & Etruly, N. (2023). Validity test e-module Proses Produksi Furnitur to optimize interactive learning student. Jurnal Pendidikan, 32(1), 165–176. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3584

Issue

Section

Artikel