Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter Bagi Anak Cerebral Palsy

Authors

  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang
  • Moriarti Warjean Luke Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3629

Abstract

Pelitian ini bertujuan membantu anak untuk bisa membaca permulaan dengan pola KVKV menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter bagi anak Cerebal Palsy. Menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dengan pola A-B-A2. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan dengan A1 (sebelum Intervensi) sebanyak 5 kali dan anak mendapat poin stabil 30%, B(Intervensi) 7 kali dan anak mendapat poin stabil 88% dan A2 (Setelah dilakukan intervensi) anak mendapatkan poin stabil 92%. Hal ini menunjukkan ada perubahan atas kemampuan membaca permulaan anak Cerebal Palsy Menggunakan media Pembelajaran Sandpaper Letter.

 

Kata -kata Kunci: Membaca Permulaan Pola KVKV, Media Pembelajaran Sandpaper Letter, Cerebal Palsy.

References

Abadi, R. F., Mulya, D., & Rosaliana, D. A. (2021). Penerapan Media pembelajaran sandpaper letter Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Terhadap Anak Dengan Hambatan …. UNIK (Jurnal Ilmiah …, 6(1), 18–24.

Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD / MI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta PENDAHULUAN Pondasi dasar kemampuan akademik adalah keterampilan membaca . 1 Membaca adalah fungsi tert. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–14.

Budiarti, novi yulia. (2020). Membaca Permulaan. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. Dhieni, N., & Fridani, L. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak (Modul 1 PAUD). Modul Paud Diakses Pada Tanggal, 1–28.

Dr. Nurhastuti, M. P. (2019). Bahan ajar.

Faira, Y. (2022). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa. 10, 7–14.

Hasanah, S. N. U., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). Analisis Penggunaan Media Sandpaper Letters untuk Keterampilan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 354–362.

Hamid Abi Mustofa dkk. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta:Yayasan Kita Menulis

Nurhastuti, Kasiyati, Zulmiyetri, & Irdamurni. (2019). Need assessment of parents of children with cerebral palsy observed from family counselling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 197–207.

Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894

Setya, T. I. (2021). Implementasi Media Sandpaper Letter dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak- kanak Negeri 2 Bandar Lampung. 6(11).

Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.Hal 57. Metode Penelitian Kuantitatif, 53(9), 1689–1699.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Wahyuni, V. S. (2021). Several Methods to Teach Reading to Early Childhood. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2), 36–39. https://doi.org/10.46336/ijeer.v1i2.124

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Nurhastuti, N., & Luke, M. W. (2023). Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter Bagi Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan, 32(2), 177–182. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3629

Issue

Section

Artikel