Management of Internalization of Environmental Concern in Youth Organization

Authors

  • Ahmad Rosyid Univet Bantara
  • Nur Rokhimah Hanik
  • Tri Wiharti

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen internalisasi kepedulian ingkungan pada anggota karang taruna Andeta Taman Kulon Wiroko Trtomoyo Wonogiri. 2) Program dan pelaksanaan kegiatan kepedulian lingkungan dalam skala mingguan dan bulanan bagi anggota katang taruna Andeta Taman Kulon Wiroko Tirtomoyo Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian berada di Dusun Taman Kulon Wiroko Tirtomoyo Wonogiri. Subyek penelitian ini adalah ketua karang taruna Andeta Taman Kulon, sekretaris dan dua anggota karang taruna. Sedangkan Ketua RT dan Kepala Dusun sebagai informan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Dari perencanaannya dilakukan pada setiap rapat rutin bulanan karang taruna yakni setiap malam minggu di awal bulan. Pengorganisasian SDM saat kegiatan dengan melibatkan seluruh anggota dan menunjuk seksi kebersihan sebagai penangung jawab. Pelaksanaan kegiatan kepedulian lingkungan ada yang bersifat mingguan dan bulanan. Pengawasan dilakukan oleh ketua karang taruna dan Kepala Dusun. Evaluasi ini dilakukan pada saat rapat rutin dibulan berikutnya. 2) Kegiatan karang taruna Andeta Taman Kulon sebagai bentuk internalisasi kepedualian lingkungan yakni memungut sampah rumahan yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu dan sapu bersih lingkungan di 3 RT dan masjid yang masing-masing satu kali dalam sebulan.

 

Kata-kata Kunci:  manajeman, kepedulian lingkungan, karang taruna

 

References

Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, XIX(02), 227–252.

Arumsari, N. R. (2017). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer, 3(2), 90–104.

Fajar Pratama, F. (2018). Peran karang taruna dalam mewujudkan tanggung jawab sosial pemuda sebagai gerakan warga negara. In Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan (Vol. 15, Issue 2). https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index

Hermawan. (2021). Perubahan Perilaku Remaja Era Digital. Infobisnis. https://infobisnis.id/2021/11/17/perubahan-perilaku-remaja-era-digital/

Icha, A. (2018). Apa yang kamu ketahui tentang Manajemen Organisasi ? Bagaimana cara mengelola organisasi yang baik ? Dictio. https://www.dictio.id/t/apa-yang-kamu-ketahui-tentang-manajemen-organisasi-bagaimana-cara-mengelola-organisasi-yang-baik/16079

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli lingkungan dan Menjaga Kebersihan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Jati, R. P. (2012). NPEND NON/INFORMAL (PNFI) DLM UU SISDIKNAS Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “PEND NON/INFORMAL (PNFI) DLM UU SISDIKNAS”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/roko/550fdcd4813311d338bc6006/pend-noninformal-pnfi-dlm-uu-sisdiknas. 14 Kompasiana. https://www.kompasiana.com/roko/550fdcd4813311d338bc6006/pend-noninformal-pnfi-dlm-uu-sisdiknas

Putri, V. K. M. (2021). Manajemen Organisasi: Pengertian, Fungsi, Struktur dan Perannya. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/20/125355969/manajemen-organisasi-pengertian-fungsi-struktur-dan-perannya?page=all

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Resky, M. (2020). Surah Ar-Rum Ayat 41-42; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an. Pecihitam. https://pecihitam.org/surah-ar-rum-ayat-41-42-terjemahan-dan-tafsir-al-quran/

SanebaPendidikan, M. (2021). Manajemen Organisasi Karang Taruna. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10, 138–142. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1

Sumadi, M. H. M. (2016). Implementation of The Concept And Theory of Management Functions In Efforts To Improve Quality. IJEBAR, 2020(2), 1–23.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Syahrul. (2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Untuk anak Jalanan di Kota Yogyakarta. http://library.fis.uny.ac.id/digital/tesis/c4ca4238a0b923820dcc509a6f75849b/files/basic-html/page7.html

Wibowo, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung: Yayasan Prima Agus Teknik.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Rosyid, A., Hanik, N. R., & Wiharti, T. (2023). Management of Internalization of Environmental Concern in Youth Organization. Jurnal Pendidikan, 32(2), 183–196. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3646

Issue

Section

Artikel