Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA dengan Metode Mind Mapping

Authors

  • Dina Nopita Universitas Terbuka
  • R. Hariyani Susanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Aramudin Aramudin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3657

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPA bagian sistem pencernaan manusia di kelas V SDN 2 Rawa Laut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus kedua. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali siklus, yang melibatkan 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dengan peningkatan rata-rata 60%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping merupakan alternatif yang efektif bagi pembelajaran IPA bagian sistem pencernaan manusia di kelas V SDN 2 Rawa Laut.

 

Kata-kata KunciMind Mapping, peningkatan hasil belajar, pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: Definition, rationale and a call for research. Higher Education Research & Development, 34(1), 1-14.

Aldila, M., & Susanti, R. H. (2022). Improving thematic learning outcomes on number place value using the demonstration method and glass media. Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 2(2), 17-26. https://doi.org/10.24036/jlils.v2i2.25

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. R. (2020). Mind Mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 108-120. doi: 10.3991/IJET.V15I06.12657

Astuti, R. (2019). Penerapan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.30605/jpdn.v4i1.172

Buzan, T. (2002). Mind Mapping: Unlock your creativity, boost your memory, change your life. Pearson Education Limited.

Buzan, T. (2018). Mind Mapping: How to liberate your natural genius. Pearson Education Limited.

D. S. Agustin, A. Yuniarti, R. A. Wijaya, & T. Nurcahyani. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa [Improving student learning outcomes]. Jurnal Education and Development, 8(2).

Darmawan, D. (2021). Strategi Pembelajaran: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Darmono, & Rusilowati, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 131-140. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29677

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU INDONESIA (JPPGI), 1(1). doi: 10.30598/jppgivol1issue1page28-42

Hermawati, R. (2009). Penerapan metode peta pikiran (Mind Mapping) untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga [The application of Mind Mapping method to improve short story writing skills in grade X students at SMA Muhammadiyah Salatiga]. Bahasa dan sastra Indonesia.

Isrokatun, I., Fitriani, E., & Mukarromah, K. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar yang Kompeten. Jurnal Basicedu, 6(1). doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1982.

Kumar, A. (2016). The effect of Mind Mapping on the collaborative writing of secondary school students in India. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 9(1), 1-14.

Levin, F. M., & Gedo, J. E. (2018). Mapping the Mind. doi: 10.4324/9780429477065

Magana, S. (2022). Disruptive Classroom Technologies: A Framework for Innovation in Education. doi: 10.4135/9781071872628.

Nasution, N. M. Z. S., Susanti, R. H., & Syarif, M. I. (2022). Improving Science Learning by Applying the Natural Environment Approach into the Characteristics of Living Things Chapter. Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 2(2), 38-45. doi: https://doi.org/10.24036/jlils.v2i2.26

Noviyanti, R., & Lestari, U. (2021). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 78-89.

Pengelola web Kemendikbud, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020).

Pratiwi, D. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Cipinang Cempedak Jakarta Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 417-425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.368

Primary and Secondary Education During Covid-19. (2022). doi: 10.1007/978-3-030-81500-4.

Rustler, F. (2012). Mind Mapping For Dummies (Vol. 59).

Setyowati, E., & Mubarok, H. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 134-143.

Solorzano Alcivar, L. C. H. P. L. R. L. P. D. F. P. C., & Palacios Cevallos, J. S. P. (2022). Perspectives and trends in education and technology (Vol. 256).

Sunardi, S., & Sujiono, Y. (2019). The Effectiveness of Mind Mapping to Improve Learning Outcomes in Social Studies. Journal of Primary Education, 8(3), 173-178. doi: 10.15294/jpe.v8i3.32550.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Uni, Y. (2021). Meningkatkan hasil belajar [Improving learning outcomes]. Pembelajaran Prospektif, 6(2).

Wiriaatmadja, R. (2014). Metode penelitian tindakan kelas [Classroom action research method].

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Nopita, D., Susanti, R. H., & Aramudin, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan, 32(2), 197–206. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3657

Issue

Section

Artikel