Pembelajaran Strategi Sosial dengan Mengintegrasikan Teknik Two Stay Two Stray dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara

Authors

  • Muhammad Sahalluddin Universitas PGRI Semarang
  • Dias Andris Susanto
  • Rahmawati Sukmaningrum

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3862

Abstract

Untuk memperoleh pemahaman dan demi tercapainya tujuan dari suatu pembelajaran maka diperlukan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Begitu pula dengan empelajari Bahasa Inggris, perlu digunakannya strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Para ahli mengemukakan beberapa strategi pembelajaran (Language Learning Strategy) khususnya dalam menguasai kemampuan berbicara, strategi tersebut antara lain : strategi kognitif, strategi afektif dan strategi sosial. Dari ketiga strategi tersebut strategi sosial lebih dominan untuk digunakan dalam mengasah kemampuan berbicara (speaking). Strategi sosial lebih mengutamakan pada kemampuan sosial pembelajar, oleh sebab itu model pembelajaran kooperatif dengan model two stay two stray digunakan pada penelitian ini guna melihat dan mengamati dengan jelas seberapa jauh strategi sosial ini digunakan oleh peserta didik. Terdapat tiga kategori peserta didik yaitu rendah (low level student), sedang (middle level student) dan tingi (high level student) dalam pembelajaran Bahasa Inggris peminatan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang berisi tentang penjelasan detil mengenai data yang dipaparkan dan dirancang tidak menggunakan data statistic. Adapaun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan juga wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LLS tidak menggunakan strategi sosial dalam proses pembelajaran, sedangkan MLS menggunakan strategi sosial namun belum terlalu optimal dan HLS menggunakan strategi sosial dalam proses pembelajaran dengan sangat baik.

 

Kata-kata Kunci:  Strategi sosial, Keterampilan Berbicara (speaking), Two Stay Two Stray

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Strategi Pembelajaran Speaking Mahasiswa di Tingkat Universitas. Didaktika, 24(1), 78–99.

Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Murobbi Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42.

Chilmy, A. S., Kusmaryati, S. E., & Utari, A. R. P. (2020). The Students’ Learning Strategies in Increasing Skills. PROMINENT, 3(1), 231–243.

Dewi, E. R., & Kustiarini. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) Berbasis Peta Konsep Sebagi Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(2), 161–173.

Handayani, S., Romdaniah, & Dwigustini, R. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Two Stay Two Stray. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 113–118.

Hayati, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa. Intiqad, 8(2), 52–72.

Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Bagi Generasi Z : Sebuah Tinjauan Sistematis. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(2), 31–46.

Hidayatullah, M. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Metode Two Stay Two Stray. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 93–94.

Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 38–41.

Lisdiana, A. (2019). Memantik Ketrampilan Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TS-TS ). Tarbawiyah, 03(02), 162–183.

Mufidah, N. (2017). Strategi Belajar Berbicara Bahasa Inggris (1st ed.). Banjarmasin: IAIN ANTASARI PRESS.

Rohayati, D. (2016). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Mimbar Agribisnis, 1(3), 269–280.

Rustam, N. S., Hamra, A., & Weda, S. (2015). The Language Learning Strategies Used by Students of Merchant Marine Studies Polytechnics Makassar. ELT Worldwide, 2(2), 77–94.

Siska, Y. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Edisi Khusus, (2), 31–37.

Susini, M., & Ndruru, E. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Licos, 1(2), 37–48.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Khutubkhanah, 17(1), 127–145.

Wedasuwari, I. A. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TSTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(2), 96–106.

Widyaningsih, D., & Robiasih, R. H. (2018). Teacher’s Strategies in Teaching Speaking Skill For Eleventh Grade Students At SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Journal of English Language and Language Teaching, 2(1), 46–58.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Sahalluddin, M., Susanto, D. A., & Sukmaningrum, R. (2023). Pembelajaran Strategi Sosial dengan Mengintegrasikan Teknik Two Stay Two Stray dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan, 32(2), 227–242. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3862

Issue

Section

Artikel