Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Dan Hasil Belajar Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Toriq Lurie Annaba Universitas Kristen Satya Wacana
  • Rissal Efendi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3970

Abstract

Game online dapat diartikan sebagai program permainan yang tersambung melalui jaringan internet yang dapat dimainkan kapan saja, dimana saja, game onine bisa dimainkan bersamaan  dan dapat dimainkan oleh siapaun termasuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi dan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan dianalisa menggunakan Solutions Statistical Product and Service. Responden pada penelitian ini sebanyak satu kelas yaitu kelas tujuh (VII) di SMP Negeri 9 Salatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi intensitas bermain game online oleh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga cenderung rendah yaitu sebanyak 16 responden dan frekuensi dampak bermain game online sebanyak 12 responden serta analisa hasil belajar tergolong rendah, yakni sebanyak 17 responden. Berdasarkan hasil kuisioner dan hasil nilai raport, disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga dapat dikatakan bahwa tidak memiliki ketergantungan pada game online .

 

Kata-kata Kunci : pengaruh, intensitas, game online, prestasi, hasil belajar.

References

Anwar, N. R., & Winingsih, E. (2021). Pengaruh kecanduan game online terhadap Prestasi Akademik siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Banjar Dimasa Pandemi. Jurnal BK UNESA, 12(1), 559–571.

Arifin, zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Fauzi, A. (2019). Pengaruh game online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. ScienceEdu, II(1), 61. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11793

Fitri1, S. F. N., & Triana Lestari. (2021). Pengaruh kecanduan bermain game online pada minat belajar anak semasa pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1530–1533.

Harahap, S. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Dampak game online Free Fire terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1304–1311. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/895

Koi, S., Sudiwati, N. L. P. E., & Lasri. (2017). Pengaruh permainan game online terhadap aktivitas. Nursing News, 2(1), 324–332.

Liminanto, R. B. (2019). Pengaruh bermain game online terhadap disiplin belajar siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(2). https://doi.org/10.31960/konseling.v1i2.351

Mahfuz, Bahsianor, & Arafa, T. R. (2021). Pengaruh game online terhadap hasil belajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Hulu Sungai Selatan. Jurnal EPrints UNISKA.

Nawawi, M. I., Pathuddin, H., Syukri, N., Alfidayanti, A., Poppysari, S., Saputri, S., … Marsuki, I. (2021). Pengaruh game Mobile Legends terhadap minat belajar Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2039

Nuhan, M. Y. G. (2016). Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 494–501.

Ramdani, N. (2018). Pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Jurnal Minat Belajar, 42. Retrieved from https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4071-Full_Text.pdf

Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sari, I. M. (2019). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku siswa di kelas V sd. Institut Agama Islam Negeri, Bengkulu, 1–97. Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/5612/1/SKRIPSI SARI ANANDA.pdf

Siburian, E., Pangaribuan, J. J., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh bermain Game Online terhadap Prestasi belajar siswa di SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1348. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8571

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sundara, K., Hafsah, H., & Nasar, M. A. (2020). Pengaruh negatif game online terhadap motivasi Belajar siswa di SMKN 1 Narmada. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 84. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2885

Suparni, & Handayani, S. (2018). Analisa pengaruh bermain game online terhadap minat belajar siswa. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(2), 1–6.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Winarni, I. (2020). Pengaruh penggunaan game online Free Fire terhadap perilaku sosial siswa kelas V MI di Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.

Zendrato, Y., & Harefa, H. O. N. (2020). Dampak game online terhadap prestasi belajar siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 139–148. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.21

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Annaba, T. L., & Efendi, R. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Dan Hasil Belajar Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, 32(2), 251–262. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3970

Issue

Section

Artikel